Perancangan Branding dan Promosi Sirup Mimosa Khas Madiun

Monica Agnes, Listia Natadjaja, Rika Febriani

Abstract


Sirup lemon squash Mimosa adalah produk lokal Madiun yang telah diproduksi sejak 1960. Produk ini berpotensi untuk menjadi alternatif oleh-oleh khas Madiun, namun sayangnya potensi tersebut belum dimaksimalkan. Kemasan dipandang kurang menarik bagi calon konsumen baru hingga tak adanya media promosi mengancam Mimosa tergerus dalam persaingan. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dirancang branding dan promosi untuk memperbaharui dan mengenalkan image unik dan khas Mimosa. Target audience dari perancangan ini adalah masyarakat berusia 35-50 tahun yang gemar bernostalgia. Pembaharuan diwujudkan dalam perpaduan vintage style yang mempertahankan elemen label sebelumnya hingga penggunaan warna warm dan modern melalui layout yang minimalis. Media-media yang dibuat dalam perancangan ini terdiri dari desain kemasan, merchandise, kios, media sosial, dan media promosi lainnya.

Keywords


Branding; promosi; sirup; Mimosa; Madiun

Full Text:

PDF

References


Agrinda, Yunus. (2016, Desember 4). Analisis pembangunan ekonomi di Kota Madiun. Pesan disampaikan dalam http://yunusagrinda.blogspot.co.id/2016/12/analisispembangunan- ekonomi-di-kota.html

Friesner, T. (2014). Promotion. Pesan disampaikan dalam http://www.marketingteacher.com/promotion/

Gospe, M. (2015, Februari 16). Value propositions vs. positioning statements: What’s the difference?. Pesan disampaikan dalam https://www.linkedin.com/pulse/value-propositionsvs-positioning-statements-whats-difference-gospe

Gregory, S. (2018, Mei 1). 11 simple steps for a successful brand building process. Pesan disampaikan dalam https://freshsparks.com/successful-brandbuilding-process/

Keller, K.L., Kotler, P. (2012). Marketing management 14th ed. New Jersey: Prentice Hall.

Marion. (2015, November). What is branding?. Pesan

disampaikan dalam http://www.thebrandingjournal.com/2015/10/what-isbranding-definition/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.