PENGARUH PERBEDAAN KOROSI AWAL TERHADAP PENGGUNAAN CARBON FRP SEBAGAI ANODA IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION SYSTEM
Keywords:
Buku Panduan, Daur Ulang, Barang BekasAbstract
Penanganan terhadap stuktur beton bertulang yang berkarat diperlukan penanganan perkuatan dan penanganan perlindungan korosi. Penanganan perlindungan korosi yang sering digunakan pada stuktur beton bertulang adalah sisten impressed current cathodic protection. Penggunaan sistem impressed current cathodic protection (ICCP) pada struktur yang berkarat selama ini dibatasi oleh mahalnya harga material anoda. Untuk menambah nilai ekonomis dari teknik ini, carbon fiber reinforced polymer (CFRP) yang biasanya digunakan sebagai material perkuatan dipakai juga sebagai anoda dari perlindungan aktif sistem ICCP. Dua jenis korosi awal (korosi awal rendah dan tinggi dengan kehilangan massa teoritis 6% dan 18%) diberikan ke spesimen beton dan diberikan perlindungan aktif dengan CFRP sebagai anodanya. Tes potensial half-cell dilakukan untuk menginvestigasi efektifitas dari perlindungan aktif. Perlindungan aktif yang diberikan berhasil memberikan polarisasi ke baja tulangan dan menghasilkan kondisi korosi yang lebih pasif pada dua jenis korosi awal. Namun, perlindungan aktif ditemui kurang efektif dalam melindungi spesimen dari korosi pada spesimen yang memiliki kehilangan massa 6%. Efisiensi dari perlindungan korosi pada spesimen yang memiliki kehilangan massa 18% kurang konklusif sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan.References
ASTM C876-09. (2015). “Standard Test Method for Half-Cell Potentials of Uncoated Reinforcing Steel in
Concrete”. ASTM, 91(Reapproved), 1–6. https://doi.org/10.1520/C0876-09.2
Bahekar, P. V., & Gadve, S. S. (2017). “Impressed Current Cathodic Protection of Rebar in Concrete Using
Carbon FRP Laminate”. Construction and Building Materials, 156, 242–251. https://doi.org/10.1016/j.conbuildmat.2017.08.145
Barnhart, R.A., (1982) Federal Highway Administrator, Memorandum entitled "FHWA Position on
Cathodic Protection Systems", Federal Highway Administration,Washington, DC.
Broomfield, J. P. (2006). Corrosion of Steel in Concrete: Understanding, Investigation and Repair, Second
Edition. https://doi.org/10.4324/9780203414606
BSI, B. S. I. (2012). BSI Standards Publication Cathodic Protection of Steel in Concrete (ISO 12696 : 2012).
Gadve, S., Mukherjee, A., Malhotra, S.N. (2011). “Active Protection of Fiber-reinforced Polymer-wrapped
Reinforced Concrete Structures Against Corrosion”. Corrosion, 67(2), 25002–25011.
J. Rodriguez. (1996). “Corrosion of Reinforcement and Service Life of Concrete Structures”. Proceedings
of 7th International Conference on DBMC, 1996, 1996, 1, 117–126.
Koleva, D. A., de Wit, J. H. W., van Breugel, K., Lodhi, Z. F., & Ye, G. (2007). “Investigation of Corrosion
193
and Cathodic Protection in Reinforced Concrete”. Journal of The Electrochemical Society, 154(5), C261. https://doi.org/10.1149/1.2715313
Koleva, D.A., Z. Guo, K.V. Breugel, J.H.W. de Wit, N. Boshkov, (2015). “Conventional and pulse cathodic
protection of reinforced concrete: electrochemical behavior of the steel reinforcement after corrosion and protection”. Materials and Corrosion, 60, 344-354.
SNI 03-2000. 2000. Peraturan Tata Cara Perencanaan Gedung Indonesia, Badan Standarisasi Nasional,
Bandung.
Yehia, S., Host, J.(2010). “Conductive Concrete for Cathodic Protection of Bridge Decks”. ACI
Materials Journal, 107(6), 578-586.