TINGKAT KEPENTINGAN DAN KEPUASAN INSENTIF FINANSIAL DAN INSENTIF NON-FINANSIAL BAGI STAF KANTOR PERUSAHAAN KONSULTAN
Keywords:
Perancangan, Board game, Sayuran.Abstract
Pemberian insentif seringkali digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan produktivitas para staf karyawan. Terdapat dua jenis insentif yang dapat diberikan yaitu insentif finansial dan insentif non-finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat kepentingan dan kepuasan antara insentif finansial dan insentif non-finansial bagi staf karyawan kantor perusahaan konsultan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang ditujukan kepada 60 staf karyawan yang bekerja pada lima perusahaan konsultan yang ada di Surabaya.
Dari jawaban kuesioner para responden didapatkan bahwa staf karyawan kantor perusahaan konsultan lebih mementingkan insentif finansial daripada insentif non-finansial. Tunjangan hari raya merupakan insentif finansial yang dianggap paling penting oleh mereka. Sedangkan jam kerja yang fleksibel merupakan insentif non-finansial yang dianggap paling penting. Untuk tingkat kepuasan, staf karyawan kantor perusahaan konsultan mayoritas sudah merasa cukup puas dengan insentif yang telah mereka terima dari perusahaan tempat mereka bekerja.
References
Aguinis, H. (2013). Performance Management (3rd ed.). Upper Saddle, NJ: Prentice Hall.
Aguinis, H., Joo, H., & Gottfredson, R. K. (2013). “What Monetary Rewards Can and Cannot Do: How to Show Employees the Money.” Business Horizons, 56(2), 241–249. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2012.11.007 Gorda, IGN, (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit STIE Satya Dharma Singaraja.
Locke, E. A., Shaw K. N., Saari L. M. & Latham G.P. (1980). “Goal Setting and Task Performance : 1969-1980.” Psychological Bulletin. Vol. 90, No. 1, 125-152.
Long, R. J., & Shields, J. L. (2010). “From Pay to Praise? Non-Cash Employee Recognition in Canadian and Australian Firms.” The International Journal of Human Resource Management, 21(8), 1145–1172. https://doi.org/10.1080/09585192.2010.483840 Manullang, (1981), Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia,Jakarta. McClelland, D. C. (1975). Power the Inner Experience. Irvington,New York.
Rose, T., & Manley, K. (2010). “Client Recommendations for Financial Incentives on Construction Projects.” Engineering, Construction and Architectural Management, 17(3), 252–267. https://doi.org/10.1108/09699981011038051
Rose, T., & Manley, K. (2011). “Motivation toward Financial Incentive Goals on Construction Projects.” Journal of Business Research, 64(7), 765–773.https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2010.07.003
Saleh, S. D., & Singh, T. (1973). “Work Values of White-Collar Employees As a Function of Sociological Background.” Journal of Applied Psychology, 58(1), 131–133. https://doi.org/10.1037/h0035421
Tang, W., Qiang, M., Duffield, C. F., Young, D. M., & Lu, Y. (2008). “Incentives in the Chinese Construction Industry.” Journal of Construction Engineering and Management, 134(7), 457–467. https://doi.org/10.1061/(ASCE)0733-9364(2008)134:7(457)
Trank, C. Q., Rynes, S. L., & Bretz, R. D. (2002). “Attracting Applicants in the War for Talent: Differences in Work Preferences Among High Achievers.” Journal of Business and Psychology,
145
16(3), 331–345. https://doi.org/10.1023/A:1012887605708
Yavuz, N. (2004). The Use of Non-Monetary Incentives as a Motivational Tool: a Survey Study in a Public Organization in Turkey, (July), 1–99.