OPTIMASI PENGGUNAAN FLY ASH DAN BOTTOM ASH PLTU SURALAYA DALAM PEMBUATAN PAVING BLOCK MUTU TINGGI
(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Dari hasil pembuatan paving block, kuat tekan tertinggi yang bisa didapat dari penambahan bottom ash yaitu 41.60 MPa dengan kode C1BA3 yang masuk dalam kelas A. Namun untuk uji penyerapan air dan ketahanan aus, paving C1BA3 hanya masuk dalam kelas B dan C. Dengan penambahan fly ash, kuat tekan maksimum yang dihasilkan hanya mencapai 26.80 MPa yang masuk dalam kelas B. Akan tetapi penambahan fly ash berdampak pada ketahanan aus yang pada awalnya hanya memenuhi kelas C, kini bisa mencapai kelas A. Secara keseluruhan, paving block yang menghasilkan mutu paling bagus dan ekonomis yaitu paving dengan kode C5F5B30, dengan komposisi 50% semen : 50% fly ash dan 100% bottom ash.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aggarwal, Y., & Siddique, R. (2014). Microstructure and Properties of Concrete using Bottom ash and Waste Foundry Sand as Partial Replacement of Fine Aggregates. Construction and Building Materials, 54, 210–223. https://doi.org/10.1016/j.conbuildmat.2013.12.051 Badan Standarisasi Nasional. (1996). SNI 03-0691-1996 Bata Beton (Paving block). Bandung: Badan Standarisasi Nasional.
Naganathan, S., Mohamed, A. Y. O., & Mustapha, K. N. (2015). Performance of Bricks Made Using Fly ash and Bottom ash. Construction and Building Materials, 96, 576– 580. http://doi.org/10.1016/j.conbuildmat.2015.08.06 Rangan, B. V., Hardjito, D., Wallah, S. E., & Sumajouw, D. M. J. (2005). Studies on Fly Ash-Based Geopolymer Concrete. Curtin University of Technology. Sugiyanto, G., Harmawan, A., & Mulyono, B. (2015). The Characteristics of Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) Mixture with Bottom Ash as Aggregate Substitute. Civil Engineering Dimension, 17(1), 29–37. https://doi.org/10.9744/ced.17.1.29-37
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks oleh :