ANALISA ASPEK – ASPEK YANG MEMPENGARUHI KINERJA MANDOR

Jemmy Kurniawan Tjandra(1*), Ivan Halim(2), Paulus Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Keberhasilan suatu proyek konstruksi tidak lepas dari produktifitas tenaga kerja. Produktifitas tenaga kerja yang baik ditunjang oleh kinerja mandor yang baik. Aspek – aspek yang mempengaruhi kinerja mandor meliputi kemampuan, partisipasi, work fasilitation, bias, dan memberi contoh pekerjaan. Penelitian ini dilakukan dengan study literatur dan penyebaran kuisioner kepada 30 staff lapangan dan 30 tukang di proyek konstruksi di Surabaya. Penyebaran kuisioner dilakukan selama 2 minggu dan pengolahan data selama 1 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek yang mempengaruhi kinerja seorang mandor adalah mengarahkan dan mengkoordinasi pekerjaan, mandor memberikan pengarahan pada saat bekerja, kemampuan membaca dan memahami, dan kemampuan memecahkan masalah dilapangan. Hasil dari kuisioner menunjukan mandor sudah melakukan empat aspek yang paling mempengaruhi kinerja yang baik

Keywords


analisa, pengaruh, kinerja, mandor.

Full Text:

PDF

References


Koesmono, Teman. (2007).Pengaruh Kepemimpinan dan Tuntutan Tugas Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Variabel Moderasi Motivasi Perawat Rumah Sakit Swasta Surabaya, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 9, No.1, Maret 2007.

Maloney, W. F., & McFillen, J. M. (1987). “Influence of Foremen on Performance”, Journal of Construction Engineering and Management, 113(3), 399–415.

Mathis.L.Robert dan Jackson.H.John. (2001), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Buku kedua.

Mushthofa. (2015). Analisa Pengaruh Kinerja Mandor Terhadap Kualitas Proyek Konstruksi di Kota Tuban. Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya, 8, 149 - 162

Rahardjo, H. A., & Bermawi, H. (2014). “Mandor, for Solving Competitive Construction Business in Indonesia”, International Journal of Engineering and Technology, 6(2), 151–154.

Rubianto.(2011).Analisis Ketahanan Tenaga Kerja Proyek Konstruksi dengan Menggunakan Life Time Analysis, Skripsi sarjana tak diterbitkan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Uwakweh, B. O. (2005). “Effect of Foremen on Construction Apprentice”, Journal of Construction Engineering and Management, 131(12), 1320–1327.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :