ANALISA PERBANDINGAN BIAYA ANTARA SISTEM PORTAL MENGGUNAKAN LANTAI KONVENSIONAL DAN LANTAI PRACETAK PADA RUKAN

Andrian Tanjaya(1*), Wegianto Patampang(2), Soehendro Ratnawidjaja(3), Herry Pintardi Chandra(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan biaya antara sistem portal lantai pracetak dengan sistem portal lantai konvensional pada rukan. Lantai pracetak yang digunakan dalam penelitian ini adalah panel lantai beton ringan. Beton ringan adalah beton yang memiliki berat jenis lebih ringan dari pada beton pada umumnya. Pengujian ini dilakukan dengan mensimulasikan tiga model sistem portal rukan, yakni model A (bentang 4m), model B (bentang 5m) dan model C (bentang 6m). Dari hasil simulasi ini didapatkan perbedaan biaya antara sistem portal lantai konvensional dengan sistem portal lantai pracetak untuk model A, model B dan model C adalah 13,99%, 9,71% dan 8,01%. Perbandingan biaya tersebut meliputi biaya pelat, balok, dan kolom. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya sistem portal lantai pracetak lebih murah dibandingkan sistem portal lantai konvensional

Keywords


sistem portal, lantai pracetak, beton ringan, rukan

Full Text:

PDF

References


Prayitno, T., & Setiawan, H. (2003). Analisa Perilaku dan Tingkat Kepuasan Penghuni Ruko Komplek Manyar Mega Indah Plaza Surabaya. (TA no.1264/SIP/2003). Unpublished Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Rathi, S.O., & Khandve, P.V. (2015, April). Aac Block: A New Eco Friendly Material for Construction. International Journal of Advance Engineering and Research Development. 2(4), 410-414.

Schodek, D.L. (1999). Struktur. (Suryoatmojo, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Suzaeni (2013, July). Analysis Comparison of Lightweight Concrete Wall with M System Wall: Case Study Providentia Dei Dormitory Project. Extrapolasi Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya, 6(1),8-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :