FAKTOR-FAKTOR TERKAIT ASPEK BIAYA YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR

Hartanto Wahyudi(1*), Yeremia Tanujaya(2), Rudy Setiawan(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses menganalisa faktor-faktor terkait aspek biaya yang mempengaruhi mahasiswa menggunakan sepeda motor merupakan salah satu cara dalam perencanaan transportasi dan pengembangan pengaturan kebijakan tata transportasi. Faktor-faktor terkait aspek biaya merupakan hal yang penting pada pengembangan perencanaan transportasi sepeda motor yang masih susah untuk diprediksi secara presisi faktor terkait aspek biaya yang paling mempengaruhi mahasiswa menggunakan sepeda motor.Faktor-faktor terkait aspek biaya meliputi Biaya Kepemilikan dan Biaya Operasional. Selain faktor-faktor tersebut adapun faktor Distance-Based Tax yang masuk dalam bagian biaya kepemilikan sebagai faktor tambahan yang mempengaruhi mahasiswa menggunakan sepeda motor. Faktor-faktor tersebut akan saling dihubungkan untuk mendapatkan faktor yang paling mempengaruhi mahasiswa menggunakan sepeda motor.Faktor-faktor tersebut dihubungkan dengan perangkat lunak Partial Least Square (PLS). Adapun beberapa tahap uji terhadap faktor-faktor tersebut yaitu uji reliabilitas dan validitas.Hasil dari tahap uji menunjukkan bahwa Biaya Operasional paling berpengaruh terhadap penggunaan sepeda motor.

Keywords


perencanaan transportasi, faktor terkait aspek biaya, structural equation model (SEM)

Full Text:

PDF

References


Apricia, A. (2009). “Potensi Penerapan Distance-based Tax dalam Mengurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi (Mobil) di Surabaya.” Jurusan Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra.

Asmalidar. (2013). “Analisis Pengambilan Keputusan dalam Pemilihan Sepeda Motor di Kalangan Mahasiswa Politeknik Negeri Medan.”. Medan.

Ghazali, Iman (2008). “Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square.” Badan Penerbit Undip, Semarang.

Gilbert, R (2005). “Defining Sustainable Transportation.”The University of Winnipeg, Canada

Hanavie, A. (2014). “Insentif yang Mempengaruhi Mahasiswa Menggunakan Sepeda ke Kampus.” Jurusan Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra.

Jogianto dan Willy Abdillah (2009). “Konsep dan Aplikasi PLS untuk Penelitian Empiris.”Fakultas Bisnis UGM, Yogyakarta.

Miro, F. (2002). “Perencanaan Transportasi.” Erlangga, Jakarta.

Ramli, I. (2013). “Karakteristik Biaya Operasi Kendaraan Sepeda Motor di Makassar.” Program Studi S3 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sarjono, H. dan Julianita, W. (2011). SPSS vs LISREL. Penerbit Salemba Empat,Jakarta.

Schwab,A.J.(2012).Detecting Outliers.(Online),(http://utexas.edu/courses/schwab/sw388r7_spring_2005/SolvingProblems/Detectingo utliers_spring2005.ppt).

Wijanto, S.H. (2008), Structural Equation Modelling dengan Lisrel 8.8: Konsepdan Tutorial, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wong, K. K. (2011). “Review of the BookHandbook of Partial Least Squares: Concepts, Methods and Applications.” by V. Esposito Vinzi, W.W. Chin, J. Henseler & H. Wang (Eds). International Journal of Business Science & Applied Management. 6 (2), 52-54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :