IMPLEMENTASI ELEMEN TETRAHEDRON LINEAR DAN KUADRATIK UNTUK ANALISIS TEGANGAN TIGA DIMENSI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MATLAB DAN GiD

Bryan Linggo Satria(1*), Levin Sergio Tanaya(2), Wong Foek Tjong(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode elemen hingga (MEH) saat ini telah populer digunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang sulit diselesaikan dengan metode analitik. Salah satu permasalahan yang sulit adalah objek tiga dimensi yang dapat ataupun tidak dapat dimodelkan dalam satu ataupun dua dimensi dimana permodelan tiga dimensi yang paling representatif. Dengan demikian dalam studi ini dibuat program untuk menyelesaikan permasalahan permodelan tiga dimensi dengan mengunakan elemen tetrahedron linier dan kuadratik. Analisis statik linier 3D solid diimplementasikan dalam program MATLAB, sedangkan pre-process dan post-process dengan program GiD. Keakuratan dan konvergensi MEH 3D solids ini diuji dengan menyelesaikan berbagai benchmark problems. Hasil-hasil pengujian menunjukkan bahwa MEH 3D solids mampu untuk mencapai hasil diharapkan dengan material isotropik maupun orthotropik. Penggunaan elemen kuadratik mampu mencapai hasil yang diharapkan lebih cepat dari elemen linier, sehingga penggunaan elemen kuadratik lebih efisien. Hasil yang didapat dengan elemen kuadratik cenderung konvergen di atas hasil referensi. Program yang dibuat diharapkan menjadi alternatif dalam analsis permodelan tiga dimensi.

Keywords


metode elemen hingga, 3D solid, elemen tetrahedron linear, elemen tetrahedron kuadratik, MATLAB, GiD

Full Text:

PDF

References


Centre Internacional de Mètodes Numèrics a l'Enginyeria, CIMNE (2002). GiD v7.2., Barcelona, Spain.

Cook, Robert D., Malkus, David S., Plesha, Michael E. & Witt, Robert J. (2002). Concepts and Applications of Finite Element Analysis (4th ed.). John Wiley & Sons, Inc, Canada.

Liu, G. R. & Quek, S. S. (2003). The Finite Element Method - A Practical Course. Butterworth-Heinemann, Oxford.

Logan, Daryl L. (2007). A First Course in the Finite Element Method (4th ed.). Thomson Canada Limited, Canada.

Pudjisuryadi, P. (2002). “Introduction to Meshless Local Petrov-Galerkin Method”, Dimensi Teknik Sipil, 4, 112-116, Petra Christian University, Surabaya, Indonesia.

The MathWork, Inc. (2010). MATLAB R2010a, Massachusetts, USA

Wong, Foek Tjong., Christabel, Yosua., Pudjisuryadi, Pamuda., W. Kanok-Nukulchai. (2015). “Testing of Kriging-based finite element to shell structures with varying thickness”, The 5th International Conference of Euro Asia Civil Engineering Forum (EACEF-5), 2015. 843-849.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :