EVALUASI KINERJA SISTEM RANGKA BAJA DAN BETON KOMPOSIT PEMIKUL MOMEN KHUSUS YANG DIDESAIN BERDASARKAN SNI 1729:2015

Anthony Anthony(1*), Tri Fena Yunita Savitri(2), Hasan Santoso(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam perencanaannya struktur bangunan harus didesain agar mampu menahan gaya gempa yang terjadi. Ada berbagai sistem yang dapat digunakan untuk menahan gaya gempa yang terjadi dan dalam hal ini penelitian meninjau sistem struktur komposit. Kurangnya aplikasi struktur komposit di Indonesia dimana sangat berkembang pesat di berbagai negara maju menjadi salah satu faktor dari latar belakang penelitian ini. Selain itu, juga karena adanya peraturan SNI 1729:2015 dimana peraturan tersebut merupakan aturan terbaru untuk mendesain struktur komposit di Indonesia. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah sistem rangka baja dan beton komposit yang didesain berdasarkan SNI 1729:2015 dalam menerima beban gempa di Indonesia dapat menghasilkan kinerja struktur yang baik pada bangunan bertingkat. Pada penelitian ini akan digunakan sistem struktur komposit dengan beban respons spektrum pada kota Surabaya dan Jayapura menurut SNI 1726:2012. Kinerja struktur akan diperiksa menggunakan nonlinear time history analysis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa desain dengan menggunakan SNI 1729:2015 menghasilkan kinerja struktur komposit yang cukup baik terhadap beban gempa dengan periode ulang 2500 tahun (gempa besar) sebaliknya pada gempa dengan periode ulang 500 tahun (gempa sedang), bangunan memiliki kinerja yang kurang baik.

Keywords


sistem rangka baja dan beton komposit, struktur komposit

Full Text:

PDF

References


SAC Joint Venture (2000). FEMA-356 Recommended Seismic Design Criteria for New Steel Moment-Frame Buildings. Federal Emergency Management Agency, California

Departemen Pekerjaan Umum. (2012). SNI 1726-2012 Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non-gedung, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta, Indonesia.

Badan Standarisasi Nasional. (2015). Spesifikasi untuk Bangunan Gedung Baja Struktural, SNI 1729:2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :