IMPLEMENTASI TEORI PERILAKU TERENCANA PADA MAHASISWA PENGENDARA SEPEDA MOTOR KE KAMPUS
Keywords:
Minat, persepsi etis, orientasi etis, love of money, pengetahuanAbstract
Sepeda motor menjadi salah satu pilihan moda transportasi yang populer di kalangan mahasiswa yang membawa dampak positif maupun negatif terhadap kampus dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mahasiswa pengendara sepeda motor ke kampus berdasarkan Teori Perilaku Terencana (Theory of Planned Behaviour, TPB). Data primer diperoleh dengan melakukan survei pada lima universitas yang ada di Surabaya. Sebanyak 414 responden memberikan respons terhadap pertanyaan berkaitan dengan perilaku perjalanan mereka ke kampus. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan teknik Structural Equation Modeling. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa faktor persepsi kendali perilaku secara positif dan signifikan mempengaruhi intensi perilaku mahasiswa pengendara sepeda motor ke kampus. Faktor sikap dan norma subjektif tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap intensi perilaku. Demikian halnya intensi perilaku terhadap perilaku aktual. Implikasi penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak kampus dapat menerapkan Manajemen Transportasi Kampus yang sesuai untuk mengurangi penggunaan sepeda motor ke kampus.References
Ajzen, I. (2006). “Constructing a TPB Questioonaire : Conceptual and Methodological Conciderations."
Bond, A., & Steiner, R. L. (2006). “Sustainable Campus Transportation through Transit Partnership and Transportation Demand Management: A Case Study from the University of Florida.” Berkeley Planning Journal. Vol. 19, No. 1, 125-142.
Chang, H.-L., & Lai, C.-Y. (2015). “Using Travel Socialization and Underlying motivations to Better Understand Motorcycle Usage in Taiwan.” Accident Analysis and Prevention. Vol. 79, 212-220.
Conner, M., & Armitage, C. J. (1998). “Extending the Theory of Planned Behavior: A Review and Avenues for Further Research.” Journal of Applied Social Psychology. Vol. 28, No. 15, 1429-1464.
Dachlan, U. (2014). Panduan Lengkap Structural Equation Modeling : Tingkat Dasar, Lentera Ilmu, Semarang.
Hanavie, A. (2014). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Menggunakan Sepeda.” Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil. Vol. 3, No. 2, 1-8.
Klockner, C. A., & Matthies, E. “Structural Modeling of Car Use on the Way to the University in Different Settings: Interplay of Norms, Habits, Situational Restraints, and Perceived Behavioral Control.” Journal of Applied Social Psychology. Vol. 39, No. 8, 1807–1834.
Lois, D., Moriano, J. A., & Rondinella, G. (2015). “Cycle Commuting Intention : A Model Based on Theory of Planned Behaviour and Social Identity.” Transportation Research Part F. Vol. 32, 101-113.
Poinsatte, F., & Toor, W. (1999). “Finding a New Way: Campus Transportation for the 21st Century.” University of Colorado Environmental Center, http://ecenter-old.colorado.edu/files/e5506f80de570bfa902419c8584179bfbae0f87f.pdf (Agustus 1, 2015)
Sarjono, H., & Julianita, W. (2011). SPSS vs LISREL : Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset, Salemba Empat, Jakarta.
Steg, L. (2005). “Car Use: Lust and Must. Instrumental, Symbolic and Affective Motives for Car Use.” Transportation Research Part A: Policy and Practice. Vol. 39, No. 2-3, 147-162.
Sutton, S.,et al. (2003). “Eliciting Salient Beliefs in Research on the Theory of Planned Behaviour: The Effect of Question Wording.” Current Psychology: Developmental, Learning, Personality, Social. Vol. 22, No. 3, 234-251.
Tolley, R. (1996). “Green Campuses: Cutting the Environmental Cost of Commuting.” Journal of Transport Geography. Vol. 4, No.3, 213-217.
Toor, W., & Havlick, S. W. (2004). Transportation and Sustainable Campus Communities: Issues, Examples, Solutions, Island Press, Washington DC.
Wijanto, S. H. (2008). Structural Equation Modeling, Graha Ilmu, Yogyakarta.