Penerapan Prinsip – Prinsip Constructability pada proyek konstruksi di Surabaya

Thomas Albertus(1*), Windrik Tomy(2), Paulus Nugraha(3), Herry P. Chandra(4),


(1) Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Jurusan Teknik Sipil
(2) Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Jurusan Teknik Sipil
(3) Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Jurusan Teknik Sipil
(4) Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Jurusan Teknik Sipil
(*) Corresponding Author

Abstract


Constructability adalah penggunaan optimal pengetahuan dan pengalaman konstruksi dalam perencanaan, desain, procurementdan pelaksanaan untuk mencapai tujuan proyek secara keseluruhan (yang meliputi kualitas, biaya, dan jadwal). Pada penelitian ini akan diteliti tentang penerapan  prinsip - prinsipconstructability  dalam tiga fase proyek, yakni  fase perencanaan konseptual, fase desain, dan fase konstruksi menurut intensitas dan kemudahan penerapan, perbedaan penerapan keduanya pada prinsip – prinsip tersebut, serta penelitian mengenai hambatan – hambatan yang berhubungan  dengan prinsip – prinsip constructability yang paling sulit diterapkan.
Metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisa statistic deskriptif, sedangkan metode analisa data yang dipakai adalah uji anova dari sumber data yang berasal dari kuesioner. Sedangkan untuk hambatan – hambatan constructability dilakukan dengan men-tabelkan hasil wawancara, kemudian dicari hubungannya dengan prinsip – prinsip constructability.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan intensitas dan kemudahan penerapan prinsip – prinsip constructability antara kontraktor dan konsultan. Kontraktor pada penelitian ini lebih sering dan lebih mudah dalam menerapkan prinsip – prinsip constructability dibandingkan dengan konsultan. Sedangkan hubungan antara hambatan yang terjadi dengan prinsip – prinsip constructability yang sulit diterapkan adalah pada fase perencanaa konseptual hambatan banyak disebabkan oleh desainer, sedangkan pada fase  desain dan fase konstruksi hambatan banyak disebabkan oleh owner.


Keywords


prinsip – prinsip constructability, intensitas dan kemudahan penerapan, hambatan – hambatan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :