ANALISA ASPEK KEUANGAN PADA PERENCANAAN KLASTER BANGUNAN RUMAH TINGGAL DENGAN KONSEP EFISIENSI ENERGI

Roby Johan(1*), William Wibisono(2), Herry Pintardi Chandra(3), Soehendro Ratnawidjaja(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini bisnis properti di Indonesia berkembang sangat pesat, khususnya bidang perumahan. Tetapi pembangunan rumah tinggal yang dilakukan banyak investor kerap kali berorientasi pada keuntungan yang maksimum tanpa memperhatikan dampak terhadap lingkungan dalam jangka panjang. Maka, diperlukan pembangunan klaster perumahan dengan konsep efisiensi energi. Pembangunan harus disertai dengan analisis keuangan yang matang agar proyek dapat dibangun dan memiliki nilai tambah bagi pengembang. Desain rumah pada klaster ini terlebih dahulu dianalisis dengan 4 aspek yaitu perhitungan Overall Thermal Transfer Value, pencahayaan buatan, sistem pengkondisian udara, dan adanya sumber energi yang terbarukan.Desain rumah kemudian diperhitungkan rencana anggaran biayanya dan disimulasikan dilakukan dengan membuat sebuah cashflow dan dianalisis dengan NPV.Hasil analisa menunjukkan investasi yang dilakukan adalah menguntungkan untuk dilaksanakan jika disimulasikan selama 4 tahun. Keuntungan yang diperoleh pada bulan Januari 2016 adalah sebesar Rp11.278.849.952,99.

Keywords


rumah, efisiensi energi, OTTV, analisa keuangan, dan Net Present Value

Full Text:

PDF

References


Badan Standaradisasi Nasional. (2000). SNI 03-6389-2000 Konservasi Selubung Bangunan pada Bangunan Gedung, Badan Standaradisasi Nasional, Jakarta.

Badan Standaradisasi Nasional. (2001). SNI 03-6575-2001 Tata Cara Perancangan System Pencahayaan Buatan pada Bangunan Gedung, Badan Standaradisasi Nasional, Jakarta

Roberts, S. (1991). Solar Electricity, Prentice Hall International, United Kingdom.

Rudoy, W. (1979). Cooling and Heating Load Calculation Manual, American Society of Heating, Refrigerating and Air-Conditioning Engineers, Inc. (ASHRAE), Pennsylvania.

Wurtzebach, C H. (1994). Modern Real Estate Fifth Edition, John Wiley & Sons,inc, Canada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :