PERBANDINGAN BIAYA STRUKTUR BAJA NON-PRISMATIS, CASTELLATED BEAM, DAN RANGKA BATANG

Jason Chris Kassidy(1*), Jefry Yulianus Seto(2), Hasan Santoso(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesatnya perkembangan dalam dunia konstruksi baja saat ini menuntut para praktisi untuk dapat membangun struktur baja dengan seefisien mungkin. Efisiensi struktur dapat diraih dengan ketepatan pemilihan jenis struktur yang akan digunakan yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap biaya total struktur. Dalam penelitian ini, struktur yang ditinjau adalah struktur gudang dengan model gable frame yang akan dirancang dengan 3 tipe, yaitu dengan profil non-prismatis, castellated beam, dan rangka batang. Ketiga tipe struktur ini diteliti terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal sebelum didesain. Setelah mendapatkan hasil desain yang sesuai, maka dapat dibuat perbandingan biaya yang dihitung dari kebutuhan material, biaya pekerjaan, serta biaya secara keseluruhan. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi acuan bagi para praktisi yang akan mendesain struktur baja khususnya gudang dengan model struktur gable frame pada bentang panjang, yaitu pada kisaran 40-60 meter.

Keywords


struktur baja gudang, gable frame, non-prismatis, rangka batang, castellated beam, efisiensi, perbandingan biaya

Full Text:

PDF

References


Suyono, Nt. (2007). Catatan Penggunaan SAP2000. Indonesia.

Tim Penyusun PPIUG. (1983). Peraturan Pembebanan Indonesia untuk Gedung 1983. Direktorat Penyelidikan Masalah Bangunan, Bandung, Indonesia.

Tim Penyusun SNI. (2002). Tata Cara Perencanaan Struktur Baja untuk Bangunan Gedung, SNI 03-1729-2002. Puslitbang Permukiman Departemen Pekerjaan Umum, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :