ALAT BANTU DESAIN INTERAKTIF ELEMEN STRUKTUR BAJA

Dicky Fredy Widjaja(1*), Alex Jayanata(2), Effendy Tanojo(3), Pamuda Pudjisuryadi(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Material baja semakin sering digunakan dalam dunia konstruksi terbukti dengan munculnya berbagai peraturan dan tabel baja untuk memudahkan desain struktur. Dengan adanya SNI 1729:2015 dan Tabel Profil Konstruksi Baja 1987 sebenarnya sudah cukup memudahkan dalam mendesain. Namun ternyata SNI dan tabel profil ini belum cukup praktis untuk digunakan karena masih terdapat banyak variabel yang tidak dapat ditabelkan. Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat alat bantu berupa spreadsheet yang dapat membantu dalam mendesain. Alat bantu desain interaktif elemen struktur baja ini dapat menampilkan daftar profil sesuai dengan beban rencana serta kapasitas struktur baja meliputi kapasitas aksial, kapasitas lentur, dan kapasitas geser serta kombinasi aksial-lentur dari profil berdasarkan SNI 1729:2015. Untuk memudahkan pengecekan, program juga dapat menampilkan langkah-langkah dan rincian perhitungan profil yang dipilih oleh user.

Keywords


alat bantu desain interaktif, kapasitas struktur baja, spreadsheet

Full Text:

PDF

References


American Institute of Steel Construction. (2010). Spesification for Structural Steel Buildings: ANSI/AISC 360-10. Author, Chicago.

Badan Standarisasi Nasional. (2015). Spesifikasi untuk Bangunan Gedung Baja Struktural: SNI 1729:2015. Author, Jakarta.

Dharmawan, M. (2014). Pengembangan Tabel Baja sebagai Alat Bantu dalam Pelaksanaan Konstruksi Baja. (TA No. 21011971/SIP/2014). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Gunawan, R., Morisco. (1987). Tabel Profil Konstruksi Baja. Kanisius,Yogyakarta.

William, W., Candra, B.P. (2014). Pengembangan Tabel Baja untuk Profil Ganda sebagai Alat Bantu Desain Komponen Struktur Baja. (TA No. 11011990/SIP/2014). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :