ANALISIS LAYANAN SHUTTLE UNTUK MENGOPTIMALKAN FASILITAS PARKIR DI KAMPUS
(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Mengetahui presentasi pemilihan moda transportasi antara berkendara sendiri dengan berkendara bersama dengan memberikan atribut berupa biaya parkir, waktu mencari parkir dan waktu tempuh dari lapangan parkir ke kampus. Dengan cara regresi untuk mendapatkan suatu persamaan.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi sensitivitas mahasiswa untuk beralih dari berkendara sendiri dan berkendara bersama adalah diberlakukannya tarif parkir. Hal tersebut dapat dilihat dari 3 grafik yang ada. Bahwa kelengkungan garis pada grafik menandakan tingkat kesensitivitas responden. Tetapi didapati bahwa harga yang dimasukkan terlalu mahal untuk membuat responden beralih menjadi berkendara bersama. Sehingga analisa ini juga tidak serta merta dapat menjamin keberhasilan pada saat diberlakukan di kampus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Setiawan, R. (2004, September 11). Penerapan Manajemen Transportasi Kampus Sebagai Upaya Mengurangi Penggunaan Mobil (Studi Kasus Universitas Kristen Petra). Makalah dipresentasikan pada Simposium VII FSTPT, Bandung.
Susanto, C & Winarto (2004). Dampak Peralihan Moda Mahasiswa Universitas Kristen Petra dari dan ke Kampus Terhadap Lalu Lintas di Siwalankerto. Tugas Akhir No:13121341/SIP/2004. Surabaya: Teknik Sipil Universitas Kristen Petra.
Tolley, Rodney S. dan Brian J. Turton (1996). Transport Systems, Policy and Planning : A Geographical Approach. Longman Singapore Publishers (Pte) Ltd : Singapore
Victoria Transport Policy Institute. (2012). Campus Transport Management. Retrieved August 11, 2014 from http://www.vtpi.org/tdm/tdm5/htm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks oleh :