PENELITIAN AWAL TENTANG PENGGUNAAN CONSOL FIBER STEEL SEBAGAI CAMPURAN PADA BALOK BETON BERTULANG

Denny Denny(1*), , Jonathan(2), Handoko S.(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam dunia konstruksi, balok beton bertulang adalah barang yang sering kita jumpai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan consol fiber steel pada campuran beton yang digunakan pada balok beton bertulang. Serat baja ini mempunyai beberapa tipe, namun untuk penelitian ini kita menggunakan serat baja dengan tipe hooked. Dalam penelitian ini dilakukan 2 jenis percobaan, yaitu pengujian kuat tekan dan momen nominal beton yang menggunakan campuran serat consol fiber steel ini. Kuat tekan dan momen nominal beton dilakukan pengujian pada 7, 14, dan 28 hari. Dari hasil kuat tekan dan momen nominal yang didapatkan, kita membandingkannya dengan harga untuk mencari efisiensi dari penggunaan serat baja tersebut. Hasil pengujian menunjukkan bahwa untuk kuat tekan, beton dengan jumlah kadar serat 0,75% merupakan campuran yang paling efisien dengan hasil 18,90 MPa. Sedangkan untuk momen nominal, beton dengan jumlah kadar serat 0,5% merupakan campuran yang paling efisien dengan hasil 1,47 kNm. Hal ini membuktikan bahwa penambahan consol fiber steel pada campuran beton dapat meningkatkan kekuatan beton dilihat dari kuat tekan maupun momen nominalnya.

Keywords


beton bertulang, consol fiber steel, serat baja, kuat tekan, momen nominal

Full Text:

PDF

References


Ariatama, A. (2007). Pengaruh Pemakaian Serat Kawat Berkait pada Kekuatan Beton Mutu Tinggi Berdasarkan Optimasi Diameter Serat. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro. Semarang.

Irawan, I., (1994). Studi Tentang Pengaruh Penambahan Serat Baja terhadap Kekuatan Beton Normal K 175. Tesis Program Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Kadreni, E., (2002). Pengaruh Steel Fiber pada Sifat Mekanis Beton dan Kapasitas Balok Beton Bertulang Pasca Kebakaran. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara. Medan.

Suhendro, B., (1991). Pengaruh Fiber Kawat Lokal Pada Sifat – Sifat Beton. Laporan Penelitian, Lembaga Penelitian UGM, Yogyakarta.

Tjokrodimulyo, K., (1996). Teknologi Beton, Penerbit Nafiri, Jakarta, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :