PERENCANAAN DAN ESTIMASI BIAYA PELAKSANAAN UNTUK JALAN PENGHUBUNG DI KAWASAN SURABAYA TIMUR

Bryan Widarno(1*), Irvian Dinata(2), Indriani Santoso(3), Johanes Indrojono Suwono(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesatnya pertumbuhan penduduk kota Surabaya menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan tempat tinggal. Di samping itu, dibutuhkan juga infrasturktur jalan sebagai akses penghubungnya. Perencanaan ini merupakan suatu perencanaan infrastruktur yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi suatu lokasi, khususnya di Surabaya Timur. Perencanaan ini bertujuan untuk menghitung tebal perkerasan lentur jalan dengan menggunakan metode AASHTO 1993 kemudian membuat estimasi biaya konstruksinya dengan menggunakan Standar Satuan Harga Dasar Konstruksi dan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Tahun Anggaran 2011 untuk wilayah Provinsi Jawa Timur serta merencanakan infrastruktur jembatan sebagai pelengkap dari jalan dengan berpedoman pada BMS’92 di komplek perumahan di kawasan Surabaya Timur.
Pada perencanaan ini menunjukkan bahwa metode AASHTO 1993 dapat diaplikasikan di Indonesia. Estimasi biaya yang dilakukan dalam perencanaan ini hanya untuk perkerasan jalan saja, tidak termasuk galian dan urugan tanah, perencanaan bahu jalan, trotoar, dan median jalan.

Keywords


perencanaan jalan, perkerasan lentur, AASHTO 1993, estimasi biaya perkerasan, initial cost, rencana anggaran biaya, perencanaan jembatan, BMS’92, jembatan rangka baja.

Full Text:

PDF

References


American Association of State Highway and Transportation Officials. (1993). AASHTO Guide for Design of Pavement Structures.

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur. (2011). Standar Satuan Harga Dasar Konstruksi dan Analisa Harga Satuan Pekerjaan.

Departemen Pekerjaan Umum. (1992). Peraturan Perencanaan Teknik Jembatan.

Suwono, Johanes Indroyono. (2006). Jembatan, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Paluta, S., B., dan Thomas, I., D. (2011). Perhitungan Tebal Perkerasan Menggunakan Metode Perkerasan Lentur AASHTO dan Beton Semen serta Estimasi Biayanya. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :