PENGARUH DILATASI PADA BANGUNAN DENGAN KETIDAKBERATURAN GEOMETRI VERTIKAL YANG DIDESAIN SECARA DIRECT DISPLACEMENT BASED

Ricky Juandinata(1*), Yohan Pranata(2), Ima Muljati(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan metode Direct Displacement Based Design (DDBD) dalam mendesain sebuah bangunan tahan gempa semakin banyak digunakan. DDBD mampu menghasilkan kinerja struktur yang bagus, baik pada bangunan-bangunan beraturan maupun tidak beraturan. Sampai batas-batas tertentu, bangunan dengan ketidakberaturan geometri vertikal dapat direncanakan sebagai satu kesatuan, namun jika perilakunya memburuk maka diperlukan dilatasi untuk mengatasinya. Studi ini akan meneliti pengaruh dilatasi pada bangunan dengan ketidakberaturan geometri vertikal yang direncanakan secara DDBD. Bangunan yang akan diteliti adalah bangunan perkantoran 6- dan 10- lantai dan direncanakan terhadap resiko gempa rendah maupun tinggi di Indonesia. Bangunan direncanakan dalam dua skenario yaitu tanpa dan dengan dilatasi. Pengujian kinerja struktur (drift dan damage index) akan dilakukan dengan analisis Time History. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua opsi menghasilkan kinerja yang baik dan menggunakan jumlah bahan yang relatif sama. Opsi dilatasi lain perlu diteliti lebih lanjut khususnya untuk mengurangi selisih perpindahan pada daerah dilatasi.


Keywords


direct displacement based design, ketidakberaturan geometri vertikal, bangunan beraturan, dilatasi.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum. (2012). SNI-03-1726-2012. Standar Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Rumah dan Gedung.Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

EuroCode 8 (2012). Seismic Design of Building Part 1. Author, Eropa.

Juandinata, R. dan Pranata, Y. (2014)Pengaruh Dilatasi pada Bangunan dengan Ketidakberaturan Geometri Vertikal yang Didesain secara Direct Displacement Based. Tugas Akhir No. 1101 1952/SIP/2014. Jurusan Teknik Sipil. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Luis, V. dan Glorie, S.M. Evaluasi Kinerja Metode Direct Displacement-Based Design dan Force Based Design pada Bangunan Vertical Setback 6 Lantai.TugasAkhir No. 1101 1891/SIP/2013. Jurusan Teknik Sipil. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Montejo, L.A. (2007). CUMBIA. North Carolina: Department of Civil, Construction, and Environmental Engineering, North Carolina State University

Pinto, P.E. (1997). Seismic Design of RC Structures for Controlled Inelastic Response, CEB Bulletin No.236, Comite Euro-International du Beton, Lausanne, Switzerland.

Priestley, M.J.N, Calvi, G.M dan Kowalsky, M.J. (2007). Displacement-Based Seismic Design of Structure. IUSS Press, Pavia.

SeismoSoft.(2007). SeismoStruct – A Computer Program for Static and Dynamic Nonlinear Analysis of Framed Structure, available from URL: http://www.seismosoft.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :