PENINGKATAN TEKANAN AIR PORI AKIBAT PEMANCANGAN PONDASI TIANG

Viviane Olivia(1*), Christian Aditya(2), Sugie Prawono(3), Gogot Setyo Budi(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik SipilUniversitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik SipilUniversitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Aktivitas pemancangan akan meningkatkan tekanan air pori dalam tanah di area sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemancangan dengan menggunakan jack piling system terhadap peningkatan air pori di area sekelilingnya. Pengumpulan data peningkatan tekanan air pori dilakukan dengan metode standpipe dan piezometer. Lokasi penelitian meliputi jalan Siwalanketro (U.K. Petra), jalan Jemursari (Hotel Yello) di Surabaya,serta jalan Kalimantan (Hotel Amaris) di Madiun. Dari hasil pengamatan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas pemancangan meningkatkan tekanan air pori dalam tanah di area sekitarnya. Peningkatan air pori pada proyek U.K. Petra mencapai 12 cm pada jarak 8 m untuk tiang tunggal. Pada proyek Hotel Yello, akumulasi peningkatan tekanan air pori mencapai 2,45 m pada 1-3 hari pemancangan tiang. Sedangkan pada proyek Hotel Amaris yang didominasi dengan lapisan tanah pasir, akumulasi peningkatan tekanan air pori pada 1 hari pemancangan tiang sekitar 1 m.


Keywords


peningkatan tekanan air pori, standpipe, piezometer, pondasi tiang

Full Text:

PDF

References


Bozozuk, M., Fellenius, B. H. and Samson, L. (1978). “Soil Disturbance from Pile Driving in Sensitive Clay.”Canadian Geotechnical Journal.Vol. 15, No. 3, 346 – 361.

Jackson, A. M. (2007). Pile Jacking in Sand and Silt. Winner of the ICE’s national Graduates and Students Paper Competition 2008, Feb 2008.

Liu, Zhang, Yu, & Xie(2012). “Case History of Installing Instrumented Jacked Open-Ended Piles.”ASCE. Vol. 138, No. 7, 810 – 820.

Poulos, H.G. and Davis, E.H. (1980).Pile Foundation Analysis and Design, John Wiley and Sons. New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :