ANALISIS INVESTASI HUNIAN KOS DI DARMO PERMAI SELATAN

Nicko Vincent Yuwono(1*), Herry Pintardi Chandra(2), Soehendro Ratnawidjaja(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan kesadaran bahwa uang adalah kebutuhan manusia yang penting namun nilainya akan menurun akibat inflasi. Oleh karena tu, untuk mempertahankan kesejahteraan, perlu dilakukan investasi terhadap uang yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa investasi terhadap sebuah hunian Kos di perumahan Darmo Permai Selatan dengan metode Net Present Value. Sebelum dapat melakukan analisa investasi harus dilakukan analisa pemasaran, desain produk hunian kos, dan perhitungan Net Present Value. Analisis pemasaran dilakukan dengan analisis deskriptif dari kuesioner, desain produk dengan pembuatan desain, potongan, tampak hingga anggaran
biaya. Setelah itu dilakukan analisa mengenai biaya – biaya apa saja yang berpengaruh dalam perhitungan investasi seperti biaya pembangunan hunian, pembelian tanah, perpajakan, pembelian perabotan hingga biaya operasional kos. Penelitian diakhiri dengan analisis Net Present Value untuk menentukan kelayakan pelaksanaan investasi, apabila hasil NPV bernilai postif berarti investasi layak untuk dilaksanakan dan sebaliknya. Dari hasil penelitian, berdasarkan beberapa asumsi yang digunakan, investasi ini menghasilkan nilai NPV yang positif. Hal ini berarti bahwa investasi hunian kos ini layak untuk dilaksanakan.


Keywords


pemasaran, produk, investasi, Net Present Value

Full Text:

PDF

References


Blank, L. & Tarquin, A. (2005). Engineering Economy (6th ed.), The McGraw-Hill Companies, Inc, New York, USA.

Jones, C. P. ( 2009 ). Investments : Analysis and Management ( 9th ed. ), John Wiley & Sons , Inc, USA.

Megginson, W. L., Smart, S. B. & Graham, J. R. ( 2010 ). Financial Management (3rd ed.), South-Western Cengage Learning ,China.

Sinclair, J. T. ( 1993 ). Real Numbers : Analyzing Income Properties for a Profitable Investment, Richard D. Irwin, Inc, United States of America.

Soeharto, I. ( 1997 ). Manajemen Proyek : dari Konseptual sampai Operasional, Erlangga, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :