PENGEMBANGAN TABEL BAJA SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PELAKSANAAN KONSTRUKSI BAJA

Michael Dharmawan(1*), Effendy Tanojo(2), Pamuda Pudjisuryadi(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Universitas Kristen Petra
(2) Dosen Program Studi Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Baja banyak digunakan sebagai elemen struktur dalam proyek konstruksi karena banyak keunggulan. Pada umumnya, seorang kontraktor memakai tabel profil baja sebagai alat bantu dalam melaksanakan konstruksi baja. Tabel profil baja yang sekarang ada, hanya berisi spesifikasi baja seperti berat, luas, momen inersia, radius girasi, dan modulus elastis. Tugas akhir ini menghasilkan alat bantu untuk tabel profil berupa penambahan tabel mengenai kuat tekan nominal, kuat Tarik nominal, momen nominal, modulus plastis pada balok profil baja yang mengacu pada SNI 03-1729-2002. Pengembangan tabel ini akan memudahkan para kontraktor maupun designer dalam menentukan kapasitas-kapasitas, serta memudahkan untuk memilih profil baja yang cocok dalam pelaksanaan konstruksi.


Keywords


kuat tekan nominal, kuat tarik nominal, momen nominal, modulus plastis, balok profil baja

Full Text:

PDF

References


Indonesia. Departemen Pekerjaan Umum. (2002). Tata Cara Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung: SNI 03-1729-2002. Author. Jakarta.

Gunawan, R., Morisco. (1987). Tabel Profil Konstruksi Baja. Kanisius. Yogyakarta.

Pribadi, Chandra, A., Ho, M. (2000). Penyusunan Tabel Kapasitas untuk Bermacam-macam Profil dengan Menggunakam Metode Load and Resistance Factor Design (LRFD). (TA No.1006 S/SIP/2000). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :