INSENTIF YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA BERKENDARA BERSAMA KE KAMPUS

Martua Feizal Lamora Sihombing(1*), Martin ,(2), Rudy Setiawan(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan jumlah kendaraan pribadi terutama mobil memang tidak dapat dihindarkan, apalagi dengan sistem transportasi umum yang kurang memadai dan tidak menarik minat pengendara pribadi. Pertumbuhan jumlah kendaraan pribadi juga berdampak pada kampus-kampus. Berkendara pribadi ke kampus akan menambah beban lalu lintas kampus dan lingkungan sekitarnya, selain itu kampus juga memerlukan lahan parkir yang cukup besar untuk menampung semua kendaraan tersebut, terutama mobil. Untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan, perlu diberlakukan langkah-langkah pengurangan arus kendaraan pribadi ke kampus, salah satunya dengan mensosialisaikan program ridesharing. Salah satu contoh ridesharing adalah berkendara bersama. Berkendara bersama adalah sistem dimana sekelompok mahasiswa terdiri dari dua atau lebih mahasiswa berkendara bersama dalam satu mobil pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui insentif apa yang paling mempengaruhi mahasiswa untuk bersedia berkendara bersama ke kampus. Data didapatkan melalui kuesioner mahasiswa dari beberapa kampus kemudian data yang diperoleh akan diolah dengan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukan bahwa diantara kelima insentif yang diberikan, diketahui bahwa preferred parking area (petak parkir khusus) merupakan insentif yang paling mempengaruhi mahasiswa agar bersedia berkendara bersama ke kampus.


Keywords


transportasi, berkendara bersama, preferred parking area

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2005, June). Signifikan atau Sangat Signifikan. Buletin Psikologi UGM, 13(1), 38-44. Retrieved June 12, 2014 from http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:4RPLhcLKKMEJ:scholar.google.com/&hl=en&as_sdt=0,5

Greenacre, M. (2007). Correspondence Analysis in Practice, 2th Edition. Boca Raton: Chapman & Hall/CRC.

McCall, R.B. (1970). Fundamental Statistics for Psychology. Harcourt, Brace & World, Inc., New York.

Teodorovic´, D., Orco, M.D. (2008, April). Transportation Planning and Technology. Mitigating Traffic Congestion: Solving the Ride-Matching Problem by Bee Colony Optimization, 31(2), 135-152. Retrieved February 20, 2014 from http://www.ops.fhwa.dot.gov/publications/mitig_traf_cong/ mitig_traf_cong.pdf

United States Environmental Protection Agency. (2005, November). Carpool Incentive Programs: Implementing Commuter Benefitsas One of the Nation’s Best Workplaces for Commuters. Cincinnati, OH: Author. Retrieved February 2, 2014 from http://www.bestworkplaces.org/pdf/carpool_June07.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :