ANALISA SISTEM PERLINDUNGAN JATUH PADA PROYEK KONSTRUKSI DI SURABAYA

Lucki Krisdianto(1*), Tjia Xian Wen(2), Andi ,(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembangunan konstruksi high rise building bukan hanya memberikan manfaat bagi masyarakat tetapi juga meningkatkan resiko kecelakaan yang dapat berdampak kematian bagi pekerja. Jatuh dari ketinggian merupakan salah satu tipe kecelakaan yang memiliki potensi kematian yang sangat besar. Maka dari itu, diperlukan suatu perlindungan pasif dan aktif yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan dampak yang ditimbulkan apabila kecelakaan jatuh itu terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa sistem perlindungan jatuh pada proyek konstruksi di Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi yang kemudian akan dianalisa mengenai sistem perlindungan jatuh pada proyek konstruksi di Surabaya. Persentase adanya perlindungan untuk potensi bahaya jatuh sisi yang terbuka 65.5%, lubang yang terbuka 57.1%, dan pekerja di ketinggian 45.3%. Ketentuan standar pada guardrail, safety net, cover, warning line yang merupakan sistem perlindungan jatuh pasif sebagian besar sudah terpenuhi. Sedangkan untuk ketentuan standar sistem perlindungan jatuh aktif yang tidak terpenuhi adalah body harness dan anchorage.


Keywords


high rise building, safety, kecelakaan jatuh, sistem perlindungan jatuh

Full Text:

PDF

References


Brasch, E. (2010). Fall Protection for the Construction Industry. Oregon OSHA.

Construction Safety Association of Manitoba. (2007). Fall Protection Guideline.

Georgia Institute of Technology . Fall Protection for Construction a Survival Guide.

Latief, Y., Suraji, A., Nugroho, Y.S., Arifuddin, R. (2011). “Nature of Fall Accidents in Construction Projects : A Case of Indonesia.” International Journal of Civil & Environmental Engineering IJCEE-IJENS Vol: 11 No: 05.

MacCollum, D. V. (1995). Construction Safety Planning. United State of America.

Reese, C. D. & Eidson, J. V. (2006). Handbook of OSHA Construction Safety and Health (2nd ed.). Taylor & Francis Group, LLC. United State of America.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :