STUDI KASUS PENERAPAN KONSERVASI AIR PADA PERUMAHAN PT X

David Susanto(1*), Ryan Ega Kahana(2), Herry Pintardi Chandra(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perumahan menghasilkan limbah cair domestik yang pada umumnya langsung dibuang ke sungai tanpa diolah terlebih dahulu sehingga mengakibatkan pencemaran sungai. Dengan meningkatnya konsumsi air dan banyaknya pencemaran sungai maka akan terjadi kelangkaan air bersih. Diperlukan upaya konservasi air pada perumahan untuk menjaga sumber air agar tetap terlindungi. Saat ini perumahan PT. X telah menerapkan konservasi air melalui wastewater treatment. Pada penelitian ini akan diteliti tentang penerapan wastewater treatment dan upaya penerapan rainwater harvesting pada perumahan. Metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisa data deskriptif dari sumber data yang berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan manfaat dari penerapan konservasi air wastewater treatment pada perumahan PT. X adalah kesiapan dari Peraturan Daerah Kota Surabaya No 7 Tahun 2009 dan Peraturan Daerah Kota Surabaya No 2 Tahun 2004, menciptakan lingkungan yang hijau, dan pengurangan polusi air. Sedangkan penerapan konservasi air rainwater harvesting menghasilkan kapasitas bak penampung untuk rumah tipe celinda, michelia dan senna sebesar 3 m3, 3.6 m3, 4,8 m3 dan waktu pengembalian investasi rainwater harvesting sebesar 10 tahun, 9 tahun, 8 tahun.


Keywords


konservasi air, wastewater treatment, rainwater harvesting, perumahan

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Sitanala.(2006).Konservasi Tanah dan Air.IPB Press, Bogor.

Abdulla F.A., Al-Shareef A.W.(2009). Roof Rainwater Harvesting Systems for Household Water Supply in Jordan. Desalination 243: 195-207.

Departemen Pekerjaan Umum.(2000).Spesifikasi Bak Penampung Air Hujan untuk Air Bersih dari Pasangan Bata. Ditjen Cipta Karya, Jakarta.

Indonesia.Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (2010). Surabaya Terancam Krisis Air Bersih. Retrieved June 01, 2014, from http://www.bppspam.com

Kusumastuti, C., Weesakul, S. (2011) Trend of Rainfall Pattern and Extreme Rainfall in Jakarta

Pambudi, G.B., Handayani, K.D.(2012).Analisis Kesesuaian Desain Rumah terhadap KonsepGreenship Home pada Perumahan Menengah ke Atas di Kota Gresik. Retrieved Juni 01, 2014.

http://ejournal.unesa.ac.id/index .php/rekayasa-teknik- sipil/article/view/ 6750/baca-artikel

Peraturan Daerah Kota Surabaya.(2004).Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.No. 2.

Peraturan Daerah Kota Surabaya.(2009).Bangunan.No. 7.

Rekayasa Lingkungan. (1997). Gunadarma, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia.(1992).Perumahan dan Pemukiman.No. 4.

Undang-Undang Republik Indonesia.(1997). Pengelolaan Lingkungan Hidup.No. 23.

Undang-Undang Republik Indonesia.(2004). Sumber Daya Air.No. 7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :