PEMBUATAN BATAKO DENGAN MEMANFAATKAN CAMPURAN FLY ASH DAN LUMPUR SIDOARJO DENGAN KADAR YANG TINGGI

Arnold Phengkarsa(1*), Hendra S. Wibawa(2), Djwantoro Hardjito(3),


(1) 1Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif dalam pengolahan limbah lumpur Sidoarjo dan limbah abu batu bara yang ramah lingkungan dan menambah nilai guna dari limbah lumpur Sidoarjo dan limbah batu bara. Penggunaan limbah lumpur Sidoarjo dan limbah batu bara mengurangi penggunaan semen portland yang menyebabkan global warming karena melepaskan gas CO2. Kandungan yang dimiliki oleh lumpur Sidoarjo telah terbukti memiliki sifat yang sama seperti semen dan dapat menggantikan semen. Akan tetapi dalam pemanfaatan lumpur Sidoarjo membutuhkan banyak energi dalam proses pengolahannya. Oleh karena itu, penelitian ini memanfaatkan lumpur Sidoarjo dan fly ash sebagai material dalam pembuatan batako. Selain itu penelitian ini juga menvariasikan perbandingan volume lumpur Sidoarjo dan fly ash, serta lama proses penggilingan lumpur Sidoarjo. Pada penelitian ini dilakukan pengujian kuat tekan pada umur 7 hari, 14 hari dan 28 hari. Hal ini bertujuan agar dapat mengetahui komposisi campuran mortar yang terbaik pada batako, sehingga mendapatkan mutu yang tinggi dan dapat digunakan di lapangan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan lumpur Sidoarjo dan fly ash sebagai material pembuatan batako berhasil mencapai kuat tekan sebesar 14 MPa yang memenuhi syarat mutu bata beton tingkat 1.


Keywords


batako, fly ash, lumpur Sidoarjo, kadar yang tinggi, kuat tekan

Full Text:

PDF

References


Andoyo (2006). Pengaruh Penggunaan Abu Terbang (fly ash) terhadap Kuat Tekan dan Serapan Air pada Mortar. Unpublished Undergraduate Thesis. Universitas Negeri Semarang.

Antoni, Hardjito, D., Wibowo, F., & Chandra, N. W. (2012). Influence of Heat TreatmentTemperature, Particle Fineness and Replacement Ratio of Sidoarjo Mud as Pozzolanic Material. The 5th International Conference of Asian Concrete Federation. Pattaya, Thailand.

Neville, A.M. 1998. Properties of Concrete. Fourth Edition. Longman Group Limited. England.

Rudolph, M. L., Karlstrom, L. & Manga, M. (2011). A Prediction of the longevity of the Lusi Mud Eruption, Indonesia. Earth and Planetary Science Letters, 308, 124-130.

Wiryasa, Sudarsana & Kusuma. (2007). Pemanfaatan Lumpur Lapindo sebagai Bahan Pengganti Tanah Liat pada Produksi Genteng Keramik. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 11,Juli, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :