PENGARUH DILATASI PADA BANGUNAN DENGAN KETIDAKBERATURAN SUDUT DALAM YANG DIDESAIN SECARA DIRECT DISPLACEMENT-BASED

Aditya Hendratha(1*), Teodorus Adi Nugraha(2), Ima Muljati(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode Direct Displacement Based Design (DDBD) telah banyak digunakan di Eropa dalam desain bangunan yang tahan gempa dan menunjukkan kinerja yang baik, untuk bangunan beraturan maupun tidak beraturan. Khusus pada bangunan tidak beraturan, dapat dilakukan dilatasi agar didapatkan perilaku yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dilatasi pada bangunan dengan ketidakberaturan sudut dalam yang direncanakan secara DDBD. Bangunan perkantoran 6- dan 10-lantai akan digunakan sebagai studi kasus, dan direncanakan terhadap resiko gempa rendah (kota Surabaya) dan tinggi (kota Jayapura) di Indonesia. Bangunan direncanakan dalam dua skenario, yaitu tanpa dan dengan dilatasi. Kinerja bangunan yang dihasilkan (drift dan damage index) akan diuji dengan melakukan analisis time history. Hasil verifikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa opsi dilatasi menghasilkan kinerja yang baik dan lebih efisien dari segi penggunaan bahan, namun tidak disarankan untuk digunakan pada ruang lingkup bangunan penelitian ini karena adanya selisih perpindahan kolom pada bagian dilatasi yang dinilai terlalu besar.

Keywords


direct displacement based design, ketidakberaturan sudut dalam, dilatasi, time history.

Full Text:

PDF

References


ACMC 2001. (2001). Asian Concrete Model Code Level 1 & 2 Documents. Author, Tokyo.

Departemen Pekerjaan Umum. (2012). SNI-03-1726-2012. Tata Cara Perhitungan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung & Non Gedung.Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

EuroCode 8 (1998). Seismic Design of Building Part 1. Author, Eropa.

Montejo, L.A. and Kowalsky, M.J. (2007).CUMBIA.Department of Civil, Construction and Environmental Engineering. North Carolina State University, USA : North Carolina.

Pinto, P.E. (1997). Seismic Design of RC Structures for Controlled Inelastic Response, CEB Bulletin No.236, Comite Euro-International du Beton, Lausanne, Switzerland.

Priestley, M.J.N, Calvi, G.M and Kowalsky, M.J. (2007). Displacement- Based Seismic Design of Structure. IUSS Press, Pavia.

SeismoSoft, SeismoStruct – A Computer Program for Static and Dynamic Nonlinear Analysis of Framed Structure,(2007)

Wijaya, C. dan Wijaya, S. W. (2013). Evaluasi Kinerja Direct Displacement-Based Design dan Force Based Design Bangunan Tidak beraturan Plan 6-Lantai. TugasAkhir No. 1101 1894/SIP/2013.

Jurusan Teknik Sipil. Universitas Kristen Petra. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :