PENGEMBANGAN PENGHALUSAN JARING ELEMEN SEGITIGA REGANGAN KONSTAN SECARA ADAPTIF

Kevin Tjoanda(1*), Wong Foek Tjong(2), Pamuda Pudjisuryadi(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menghasilkan program matlab yang mampu melakukan penghalusan secara adaptif pada diskretisasi awal yang kasar sampai mendapatkan diskretisasi optimal dimana nilai error pada hasil analisanya memenuhi syarat/target yang ditentukan. Elemen yang digunakan adalah elemen segitiga regangan konstan untuk menganalisa masalah tegangan dan regangan bidang. Pengujian program dilakukan dengan menggunakan berbagai benchmark problems yang disediakan oleh literature. Hasil pengujian menunjukkan bahwa parameter strain energy error dapat digunakan untuk perhitungan adaptifitas dan pada diskretisasi optimalnya menghasilkan nilai yang sangat mendekat solusi referensinya. Sebagian besar proses sudah dapat dilakukan secara otomatis namun untuk masalah tertentu diperlukan penyesuaian pada kondisi batas dan pembebanannya agar mengikuti diskretisai baru. Masalah otomasi juga muncul pada struktur dengan sisi lengkung. Diskretisasi optimal pada akhir dari proses adaptifitas memang memberikan hasil yang mendekati eksak, namun karena menggunakan metode element subdivision dan alat bantu delaunay triangulation, maka terdapat ketidakefektifan yaitu banyak elemen yang ukurannya lebih kecil dari ukuran yang diperlukan.

Keywords


segitiga regangan konstan, error energi regangan, penghalusan adaptif, element subdivision, meshing, diskretisasi, matlab, delaunay triangulation

Full Text:

PDF

References


Cook, R.D. (1995). Finite Element Modelling for Stress Analysis, (4th edition). University of Wisconsin, John Wiley and Sons, Madison.

Wong, F.T. (2012). Bahan Ajar Perkuliahan Metode Elemen. Universitas Kristen Petra, Surabaya

Zienkiewicz, O.C., R.L. Taylor. (2000). The Finite Element Method Volume 1 : The Basis, (5th edition). Butterworth-Heinnemann.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :