ANALISIS KEPUASAN PENGHUNI PERUMAHAN PONDOK TJANDRA INDAH

Jovita Caroline(1*), Nelza Natally Harsony(2), Herry P. Chandra(3),


(1) Mahasiswa Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan pemahaman rumah merupakan kebutuhan dasar manusia, perkembangan perumahan di Surabaya tidak diimbangi dengan kepuasan penghuni. Oleh karena itu, untuk mempertahankan industri properti khususnya perumahan, perlu diadakan penelitian agar diketahui tingkat kepuasan penghuni perumahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan penghuni dan tanggapan dari Pondok Tjandra terhadap hasil penelitian. Tingkat kepuasan konsumen didasarkan pada dua perspektif psikologi yaitu kognitif dan afektif. . Untuk variabel kognitif dilakukan uji tingkat kepentingan, sedangkan variabel afektif dilakukan uji tingkat kepuasan. Lokasi penelitian berada di perumahan Pondok Tjandra Indah, Sidoarjo. Analisis yang digunakan antara lain analisis deskriptif untuk menjelaskan kepuasan penghuni, t-test untuk mengetahui perbedaan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan, dan analisis faktor untuk menentukan kepuasan penghuni perumahan Pondok Tjandra Indah berdasarkan jawaban responden. Dari hasil penelitian, terdapat perbedaan antara tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan penghuni terhadap atribut produk perumahan yaitu pada variabel pemandangan yang alami, kemanan dan utilitas. Hal ini berarti bahwa yang dianggap penting pada ketiga variabel tersebut tidak menghasilkan kepuasan bagi penghuni perumahan.

Keywords


tingkat kepuasan, penghuni perumahan

Full Text:

PDF

References


“29 Ha Lahan di Surabaya Disiapkan untuk Pemukiman”. 2013. Okezone.com. 1 Desember.

Biddulph, M. (2007). Introduction to Residential Layout, Architectural Press, Oxford.

Gasperz, V. (1997). Membangun Tujuh Kebiasaan Kualitas dalam Praktek Bisnis Global, PT. Gramedia Pustaka Tama, Jakarta.

Hidayat, T., Istiadah, N. (2011). Panduan Lengkap Menguasai SPSS 19 untuk Mengolah Data Statistik Penelitian, Mediakita, Jakarta.

Kotler, P.A. (1994). Marketing Management. Analysis, Planning, Implementation, and Control, Prentice Hall.

Mowen, J.C. (1995). Consumer Behavior (4th ed), Prentice-Hall International, New York.

Oliver, R.L. (1997). Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer, Irwin/Mc Graw-Hill, New York.

Parker, C., Matthews, B.P. (2001). “Customer Satisfaction: Contrasting Academic and Consumer’s Intrepretations.” Journal of Marketing Practice: Applied Marketing Science. Vol. 19, 38-44.

Seldin, M. (1988). Real Estate Market Analysis, Englewood Cliffs, N.J: Prentice Hall.

Tjiptono, F. (1995). Total Quality Manajemen, Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran, Andi, Yogyakarta.

Wardani, M.K. (2001). “Analisis Kepuasan Penghuni Perumahan Sederhana di Denpasar Berdasarkan Faktor Lokasi, Fisik Bangunan, Prasarana, Sarana, Desain Bangunan dan Harga.” Tesis Universitas Kristen Petra.

Woodruff, R.B., Gardial, S.F. (1996). Know Your Customer : New Approaches to Understanding Customer Value and Satisfaction, Blackwell Business.

Yudohusodo, S. (1991). Rumah untuk Seluruh Rakyat, Yayasan Padamu Negeri, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :