KARAKTERISTIK PERJALANAN SISWA SEKOLAH SWASTA PERUMAHAN PAKUWON CITY SURABAYA

Ferdinand Litan(1*), Rudy Setiawan(2), Harry Patmadjaja(3),


(1) Mahasiswa Universitars Kristen Petra
(2) Dosen Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Semakin banyaknya sekolah swasta di Surabaya yang berlokasi dalam kawasan perumahan sangat berpotensi menimbulkan masalah lalulintas di sekitar sekolah tersebut terutama dimana terdapat beberapa sekolah dalam area yang berdekatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik perjalanan siswa sekolah swasta di kawasan perumahan Pakuwon City Surabaya, sehingga dapat direncanakan strategi manajemen transportasi sekolah yang sesuai dengan kondisi sekitar sekolah.
Penelitian akan dilakukan di SD Xin Zhong, SMP Xin Zhong, Kelompok Bermain Kristen Gloria, TK Kristen Gloria,SD Kristen Gloria, SMP Kristen Gloria dan SMA Kristen Gloria 2 yang berada di kawasan perumahan Pakuwon City.
Berdasarkan beberapa analisa data dapat disimpulkan bahwa metode berkendara bersama dan penggunaan jasa antar-jemput berpotensi untuk diterapkan oleh sekolah untuk mengurangi masalah lalulintas kendaraan di sekitar sekolah. Sekolah dapat mendorong orang tua berkendara bersama dan menggunakan jasa antar-jemput dengan memberikan fasilitas khusus seperti pintu masuk-keluar dan tempat parkir yang mudah di akses kendaraan orang tua dan nyaman.

Keywords


manajemen transportasi sekolah, karakteristik perjalanan

Full Text:

PDF

References


Litman, Todd. (2012). “School Transport Management.”. Victoria Transport Policy Institute. 22 Agustus 2013 .

Trans Canada Carpool.ca. (2010). “Carpool Information.” Trans Canada Carpool.ca. 17 Desember 2013 < http://www.carpool.ca/Information.aspx>.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :