PERBANDINGAN RESOURCE LEVELING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI PROGRAM MICROSOFT PROJECT 2010 DAN PRIMAVERA

. Evan(1*), , Rizky(2), Paulus Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam proses perencanaan resource allocation ada banyak kendala yang diakibatkan dari berbedanya tingkat kerumitan tiap proyek. Oleh karena itu diperlukan aplikasi program yang sesuai dengan berbagai macam kebutuhan perusahaan/ latar belakang pengguna dalam membantu merencanakan resource allocation. Diantara berbagai software yang ada sekarang ini Microsoft Project dan Primavera adalah aplikasi program profesional yang masih berkembang dan paling sering digunakan oleh project planner, project control, scheduler, project manager, estimator, dan lain-lain. Penelitian ini membandingkan kelebihan dan kelemahan kedua software dalam hal resource leveling dengan memakai pendekatan studi literatur, mengintepretasikandalam software, menggunakan semua fitur aplikasi program yang tersedia, dan kemudian membandingkan kedua software berdasarkan 3 dari 12 kategori menurut J. D. Witt dalam hal resource leveling sebagai kerangka dasar penelitian. Hasil penelitian menunjukan keduanya memiliki kemampuan yang relatif sama. Di satu pihak, Microsoft Project memiliki keunggulan antara lain lebih user friendly, tidak memerlukan waktu yang lama dalam menyelesaikan hubungan antar aktivitas, mengatur resources yang akan direncanakan hingga menyelesaikan resource leveling. Sedangkan, Primavera baik dalam menampilkan grafik resource dan kurva S, dan sangat disarankan untuk pengguna professional.

Keywords


resource allocation; resource leveling; software; microsoft project; primavera

Full Text:

PDF

References


Brucker, P. (1998). Resource-Constrained Project Scheduling: Notation, Classification, Models, and Methods. ELSEVIER: European Journal of Operational Research, 112, 3-41

Harris, Paul E. (2010). Calculation Differences when Importing from Microsoft Project 2003-2010 Into Oracle Primavera P6 Version 7. Eastwood Harris Pty Ltd. Melbourne.

Hegazy, Tarek.(1999). Optimization of Resource Allocation And Leveling Using Genetic Algorithms. Journal of Construction Engineering and Management, 108.

Hermawan, Aris.(2006).Penggunaan Perangkat Lunak dalam Pengelolaan Proyek Konstruksi.Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik Unika Soegijapranata, volume III, No. 1, 1-7.

Hinze, W Jimmie.(2012). Construction Planning and Scheduling 4th edition. New Jersey.

K.Icha.,& Elliot C.T.(2012). Perbandingan Aplikasi Program Microsoft Project dan Primavera dalam Penjadwalan Proyek Konstruksi. Student Journal-Petra Christian University.

Kastor, A., & K.Sirlakouis.(2008). The Effectiveness of Resource Levelling Tools for Resource Constraints Project Scheduling Problem. International Journal of Project Management, Page1.

Raja,K. & S.Kumanan.2007.Resource Leveling Using Petrinet and Memetic Approach. AM. J. Applied Sci., 4: 317-322


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :