AGREGAT RINGAN GEOPOLIMER BERBAHAN DASAR LUMPUR SIDOARJO

Eric Budisetiawan(1*), Anton Prayogo Go(2), Djwantoro Hardjito(3), , Antoni(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Tanggal 29 Mei 2006 menandai terjadinya peristiwa geologi yang mengakibatkan semburan lumpur di daerah Sidoarjo. Hasil penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa lumpur Sidoarjo dapat dimanfaatkan salah satunya untuk bahan pembuat agregat ringan buatan. Pembuatan agregat ringan buatan ini sebelumnya sudah pernah dilakukan dengan hasil berat jenis 1,06 gr/cm3 dan kuat tekan 6 MPa. Dalam penelitan ini dilakukan mix design dengan komposisi yang mirip dengan penelitian sebelumnya ditambah dengan campuran foam. Untuk pembakaran pada tahap akhir dilakukan variasi suhu yaitu 500 oC, 550 oC, dan 600 oC dan variasi waktu pembakaran selama 5 jam dan 6 jam. Dari seluruh percobaan ini, didapatkan agregat ringan paling optimal dengan berat jenis berat jenisnya 0,93 gr/cm3 dan kuat tekan sebesar 3,3 MPa dengan umur 1 hari.

Keywords


lumpur Sidoarjo, agregat ringan buatan, geopolimer, foam

Full Text:

PDF

References


Agustawijaya, Sukandi. (2012). The Stability Analysis of the Lusi Mud Volcano Embankment Dams using FEM with a Special Reference to the Dam Point P10.D. Civil Engineering Dimension, 14, 100-109.

Santoso, R., & The, R. (2007). Pemanfaatan Lumpur Porong sebagai Mortar Geopolimer dan Batako. Universitas Kristen Petra Surabaya.

Setyowati, E. W. (2009). Penggunaan Campuran Lumpur Lapindo terhadap Peningkatan Kualitas Genteng Keramik, Dinamika Teknik Sipil, 9, 67–75.

SNI-03-3449-2002. (2002). Tata Cara Perancangan Campuran Beton Ringan dengan Agregat Ringan.

Wijaya, A. I., & Sudiarto, B. K. (2013). Pembuatan Aggregat Ringan Geopolimer Berbasis Lumpur Sidoarjo dengan Pembakaran Sebagai Tahap Akhir. Universitas Kristen Petra Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :