PENGGUNAAN LINEAR PROGRAMMING DAN GENETIC ALGORITHMS DALAM MENYELESAIKAN TIME-COST TRADE-OFF PROBLEM

Andy Septianus(1*), Danny Laorent(2), Paulus Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada proyek konstruksi, hubungan schedule dan budget memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan proyek karena dari kedua faktor tersebut terjadi hubungan time-cost trade-off dari direct cost dan indirect cost. Dalam hal ini jika hubungan tersebut dapat dioptimalkan dengan meminimalkan project's total cost saat mereduksi durasi aktivitas maka biaya proyek akan berkurang secara signifikan.
Alasan ini yang membuat schedule compression menjadi penting untuk dikembangkan, beberapa metode diantaranya yang dapat digunakan adalah Linear Programming dan Genetic Algorithms. Dalam penelitian ini scheduling compression diselesaikan dengan spreadsheet dimana perhitungan metode Linear Programming dibantu dengan program add-in Jensen LP/IP sedangkan Genetic Algorithms dibantu dengan Evolver.
Dari proses dan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh perbandingan kelemahan dan kelebihan kedua metode tersebut. Linear Programming relatif susah untuk digunakan karena harus mengubah AOA menjadi persamaan matematika dan untuk hubungan selain Finish-Start tanpa lag/lead diperlukan modifikasi AOA yang rumit. Selain itu juga LP hanya terbatas pada linear activity time cost relation saja. Meskipun demikian hasil yang diberikan oleh LP sangat memuaskan dan optimal.
Sedangkan Genetic Algorithms jauh lebih mudah digunakan karena dasarnya yang sederhana dan juga logika scheduling telah diterjemahkan menjadi formula spreadsheet yang berlaku untuk segala kondisi predecessors. Namun hasil yang diberikan oleh GA tidak sebaik LP karena hanya menghasilkan approximate result.

Keywords


schedule compression, time-cost trade-off, linear programming,genetic algorithms

Full Text:

PDF

References


Awad S. Hanna, Craig S. Taylor, and Sullivan, K. T. (2005). Impact of Extended Overtime on Construction Labor Productivity. Journal of Construction Engineering and Management,131(6), 734-739

Roofigari-esfahan, N. (2011b). Using the Analytical Hierarchy Process in Compressing Schedules of Construction Projects, 1–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :