ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA JADWAL REALISASI PADA PROYEK BENDUNGAN DI NGANJUK, SUMBAWA, DAN NTT

Bobby Christian Wijanarko(1*), William Wibisana Luih(2), Paulus Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Proyek bendungan merupakan proyek yang memiliki skala yang cukup besar dan sedang gencar dibangun dalam masa pemerintahan Presiden Indonesia ketujuh Bapak Joko Widodo. Dengan skala yang besar ini, tentunya banyak faktor yang diperlukan agar pembangunan bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana. Oleh karena itu, perlu diketahui faktor apa saja yang menyebabkan penyimpangan terhadap jadwal realisasi pada saat proyek pembangunan Bendungan agar dapat meminimalisi kesalahan yang sama terulang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data yang dikumpulkan dengan teknik yang berbeda,dalam penelitian ini membandingkan data yang didapatkan dari sumber primer, observasi dengan wawancara yang telah dilakukan. Pengambilan data berupa kurva s rencana dan realisasi serta notulen-notulen rapat dari sumber primer. Data-data yang ada kemudian diolah untuk memperoleh faktor apa saja yang berpengaruh terhadap jadwal realisasi pada proyek Bendungan di Sumbawa, Nganjuk dan NTT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedan jadwal realisasi pada beberapa bendungan yang diteliti dan ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan penyimpangan jadwal realisasi .

Keywords


faktor-faktor , jadwal realisasi, proyek bendungan, Nganjuk, Sumbawa, NTT

Full Text:

PDF

References


Abbasi, S. A. (2018). “Causes of Delay In Construction of Dams In Pakistan”. Proceedings of The First International Conference on Industrial Engineering and Management Applications Amoudi. (2017). “Analysis of Construction Delay Causes In Dams Projects In Oman”. European Journal of Business and Social Sciences.Vol. 6, No. 02 Khar, G. K (2015). Critical Success Factors of Project Management for Dam Construction Projects in Myanmar. (Dissertation. BRAC University,Dhaka) Indonesia. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2020). Perencanaan Bangunan Utama Bendungan. Jakarta: Author. Kamalan (2020). “Root Cause Analysis of Delays in Dam Construction (Case Studies: Karun-3, Marun, Shafaroud, and Jamishan Dams)”. Journal of Hydraulic Structures J. Hydraul. Struct., 2020; Vol 6.no(3):45-

Lewis (2005). “Ecological Engineering for Successful Management and Restoration of Mangrove Forest”. Journal of Ecological Engineering, United State of America Shenhar et al (1997). “Project Success : A Multidimensional Strategic Concept”. Journal Long Range Planning” Vol 28, n02 pp-5-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :