PENERAPAN K3 PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI BETON BERTULANG

Steven Wuliutomo(1*), Alexander Te’Ne(2), Ratna Setiawardani Alifen(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang sehat, bebas dari pencemaran lingkungan dan aman adalah dengan menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Sayangnya penerapan K3 masih sangat kurang, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerapan K3 dan meningkatkan kesadaran mengenai K3 pada perusahaan jasa konstruksi di Surabaya. Pengumpulan data menggunakan metode deskriptif-kuantitatif yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada proyek konstruksi di Surabaya. Data yang telah diisi responden diolah menggunakan uji validitas, reliabilitas dan analisa deskriptif menggunakan hitungan rata-rata atau mean dan perhitungan skor ideal untuk mengetahui penerapan K3. Hasil dari analisa deskriptif penerapan K3 pada perusahaan jasa konstruksi di Surabaya tergolong baik dengan tingkat penerapan sebesar 78% dan sudah diterapkan setiap saat dengan skor 3.16; pada perusahaan jasa konstruksi besar di Surabaya sudah tergolong memuaskan dengan tingkat penerapan 93% dan sudah diterapkan setiap saat dengan skor 3.74; pada perusahaan jasa konstruksi menengah di Surabaya sudah tergolong memuaskan dengan tingkat penerapan 88% dan sudah diterapkan setiap saat dengan skor 3.54; sedangkan pada perusahaan jasa konstruksi kecil di Surabaya masih tergolong kurang dengan tingkat penerapan 56% dan diterapkan kadang-kadang dengan skor 2.26.

Keywords


K3, Indonesia, OSHA, perusahaan jasa konstruksi, pekerjaan beton

Full Text:

PDF

References


Charles, D. R., & James, V. E. (2006). Handbook of OSHA Construction Safety and Health (2th ed.). Taylor & Francis Group.

Diberardinis, Louis J. (2008). Handbook of Occupational Safety and Health 2nd Edition. John Wiley & Son.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. PER.01/MEN/1980, Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Konstruksi Bangunan.

Surat Edaran Nomor: 10 /SE/M/2022, Tentang Panduan Operasional Tertib Penyelenggaraan Keselamatan Konstruksi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2th ed.), Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :