ANALISIS PENGENDALIAN MUTU PADA PEKERJAAN FINISHING DAN MEP DI PROYEK APARTEMEN X DI SURABAYA DENGAN METODE SIX SIGMA DMAIC

Stephanie Michelle(1*), Inda Lanive Aggis(2), Handoko Sugiharto(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Mutu adalah suatu faktor penting yang menentukan kesuksesan proyek konstruksi. Dengan mutu yang baik, suatu bangunan dapat memberikan jaminan keamanan, kenyamanan, dan estetika bagi para penggunanya. Namun pada prakteknya, kecacatan (defect) masih sering ditemukan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya keterlambatan pekerjaan konstruksi, resiko bahaya, hingga pembengkakan biaya proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab defect pada pekerjaan finishing dan MEP (mechanical, electrical, and plumbing) di proyek Apartemen X di Surabaya, memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas bangunan, serta mengkaji kesesuaiannya terhadap mutu dari standar industri Indonesia. Data dikumpulkan melalui pengecekan defect pada bangunan Residence Apartemen X dan dicatat pada lembar Defect List. Data tersebut kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan metode Six Sigma DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) untuk menemukan solusi-solusi perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerjaan railing dan dinding memiliki jumlah defect terbanyak dalam pekerjaan finishing, serta bohlam dalam MEP. Berdasarkan hasil analisis ini, maka ditentukan rencana solusi-solusi perbaikan untuk menangani faktor penyebab defect-defect tersebut. Solusi-solusi perbaikan tersebut ditentukan berdasarkan nilai RPN serta dilihat dari beberapa faktor seperti faktor manusia, material, metode pelaksanaan, dan keuangan. Berdasarkan tingkat sigma, disimpulkan bahwa bangunan Apartemen X telah memenuhi mutu dari standar industri di Indonesia.

Keywords


pengendalian mutu, defect, proyek konstruksi, pekerjaan finishing, MEP, Six Sigma DMAIC

Full Text:

PDF

References


Damayanti, S.R., and Wiguna, I.P.A. (2019). “Analysis of Quality Improvement of Finishing Work in the Development of Puncak CBD Surabaya Apartment”. IPTEK The Journal for Science and Technology. Vol. 30, No. 3, 68-128. Fauzan, M. (2018). Analisa Pengendalian Kualitas untuk Mengurangi Defect Produk pada Kabel Fiber Optik Aerial G.652D Stel K - 017 dengan Metode DMAIC (Define Measure Analyze Improvement Control) di PT. Supreme Cable Manufacturing & Commerce. Tugas Akhir, Universitas Mercu Buana, Jakarta. Gaspersz, V. (2002). Pedoman Implementasi Program Six Sigma Terintegrasi dengan ISO 9001, 2000, MBNQA dan HACCP. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Septian, H. (2022). Apartemen Kelas Menengah di Surabaya. Tugas Akhir, Universitas Kristen Petra, Surabaya. Wibowo, A., and Denny, P. (1998). Upaya Aplikasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Proses Perbaikan Mutu Produk Pengembang Real Estate terhadap Para Subkontraktor. Tugas Akhir, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :