ANALISIS PRODUKTIVITAS PEKERJAAN ARSITEKTUR PROYEK APARTEMEN MENGGUNAKAN METODE TIME STUDY

Ricky Kustanto(1*), Kelvin Alexandernius(2), Ratna Setiawardani Alifen(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Apartemen merupakan salah satu tempat tinggal yang dihuni banyak orang, penelitian dilakukan pada pekerjaan arsitektur di proyek apartemen. Produktivitas merupakan hal penting dalam suatu proyek konstruksi khususnya proyek apartemen. Dikarenakan proyek apartemen digunakan sebagai tempat hunian oleh konsumen, sehingga kontraktor ingin menyelesaikan proyek tepat waktu agar tidak mengecewakan konsumen. Produktivitas merupakan kapasitas dalam menghasilkan sesuatu, maka penting dalam mengukur produktivitas pekerjaan yang sedang berlangsung untuk mengetahui produktivitas pekerjaan itu sendiri, selain itu dapat melihat bahwa proyek akan terlambat atau tidak dan mengetahui penyebab produktivitas menurun atau terlambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan produktivitas pekerjaan arsitektur proyek apartemen di lapangan dengan Standar Nasional Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas pekerjaan arsitektur. Metode yang digunakan yaitu observasi di lapangan secara langsung dan penyebaran kuesioner. Salah satu cara untuk mengukur produktivitas di lapangan adalah dengan menggunakan metode time study. Metode tersebut dapat menghasilkan waktu standar dari suatu pekerjaan yang sedang dikerjakan, sehingga akan mendapatkan produktivitas yang dapat dibandingkan dengan salah satu Standar Nasional Indonesia yaitu Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) 2022. Selain itu, metode penyebaran kuesioner digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas menurut pengalaman responden, yang akan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui faktor pengaruh produktivitas.d

Keywords


time study, produktivitas, analisa harga satuan pekerjaan (ahsp) 2022, pekerjaan arsitektur

Full Text:

PDF

References


Bierman, M., Marnewick, A., and Pretorius, J. H. (2016). “Productivity Management in The South African Civil Construction Industry – Factors Affecting Construction Productivity.” Journal of The South African Institution of Civil Engineering. Vol. 58, No. 3, 37-44.

Dozzi, S. P., and A. (1993). Productivity in Construction, National Research Council, Canada.

Enhassi, A., Mohamed, S., Mustafa, Z. A., and Mayer, P. E. (2007). “Factors Affecting Labour Productivity in Building Projects in The Gaza Strip.” Journal of Civil Engineering and Management. Vol. 13, No. 4, 245-254.

Ervianto, W. I. (2004). Manajemen Proyek Konstruksi, Andi, Yogyakarta.

Hwang, B. G., Zhu, L., and Ming, T. T. (2017). “Factors Affecting Productivity in Green Building Construction Projects: The Case of Singapore.” Journal of Management in Engineering. Vol. 33, No. 3.

JDIH Kementerian PUPR. (2022). “Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2022.” JDIH – Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum PUPR, (Desember 17, 2022)

Kaming, P. F., Holt, G. D., Olomolaiye, P. O., and Harris, F. C. (1997). “Factors Influencing Craftsmen's Productivity in Indonesia”. International Journal of Project Management. Vol. 15, No. 1, 21-30.

Oglesby, C. H., Parker, H. W., and Howell, G. A. (1989). Productivity Improvement in Construction, McGraw-Hill Book Company, New York.

Olomolaiye, P. O., Jayawardane, A. K. W., and Harris, F. C. (1998). Construction productivity management, Longman, England.

Pratama, R.A.Z., dan Nugraheni, F. (2019). Analisis Produktivitas Tenaga Kerja di Lapangan pada Pekerjaan Kolom. Tugas Akhir, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :