FAKTOR PENYEBAB DAN DAMPAK KETERLAMBATAN PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI MENURUT KONTRAKTOR TERHADAP INDIKATOR PERFORMA PROYEK

Michael Chandra Winoto(1*), Kevin Guwinarto(2), Sentosa Limanto(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Proyek Konstruksi merupakan kegiatan untuk membangun infrastruktur dalam batasan waktu, biaya dan kualitas. Keterlambatan proyek berarti terjadi kendala dalam proses pengerjaan proyek konstruksi, tentunya memberikan dampak yang negatif sehingga dapat merugikan pihak yang terlibat pada proyek konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh pada indikator performa proyek serta dampak yang paling terpengaruh akibat terjadinya keterlambatan proyek terhadap 3 indikator yaitu waktu, biaya, dan mutu. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada kontraktor secara online dan offline, khususnya pada bangunan dengan klasifikasi proyek dibagi menjadi skala kecil, menengah, dan besar. Metode pengolahan data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji Relative Importance Index(RII), uji normalitas, serta uji Analysis Of Variance (ANOVA). Dari data yang didapatkan, faktor yang paling berpengaruh terhadap indikator waktu, biaya dan mutu pada proyek berskala kecil, menengah dan besar adalah “Kurangnya manajemen dan juga pengawasan”. Kemudian dampak yang paling berpengaruh terhadap indikator waktu, biaya dan mutu pada proyek berskala kecil, menengah dan besar adalah “ Pemborosan Waktu” (waktu), “Pembengkakan Biaya” (biaya), dan “Kualitas Pekerjaan yang buruk” (mutu).

Keywords


faktor penyebab, dampak keterlambatan proyek, konstruksi, biaya, waktu, kualitas

Full Text:

PDF

References


Amoatey, C.T., Ameyaw, Y.A., Adaku, E., & Famiyeh, S. (2015). “Analyzing Delay Causes and Effects in Ghanaian State Housing Construction Projects.” International Journal of Managing Projects in Business .Vol.8, No.1, 98-214.

Ervianto, W. L. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi. Edisi Revisi, Andi Offset, Yogyakarta.

Kerzner, H. 2009. Project Management. a System Approach to Planning, Scheduling, and Controlling (10th ed.), Wiley, New York.

Proboyo, B. 1999. “Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek: Klasifikasi dan Peringkat dari Penyebab-Penyebabnya.“ Dimensi Teknik Sipil, Vol.1. Surabaya

Assaf, S. a., and Al-Hejji, S. (2006). “Causes of Delay in Large Construction Projects.” International Journal of Project Management, Vol.24, 349–357.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :