ANALISIS PENGARUH SHIFT KERJA TERHADAP BEBAN KERJA MENTAL PEKERJA PADA PROYEK “X” DENGAN METODE SUBJECTIVE WORKLOAD ASSESSMENT TECHNIQUE

Leonardo Tandya(1*), Lorenzo Christiant Halim(2), Sentosa Limanto(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Beban kerja mental merupakan dampak yang dapat dialami oleh para pekerja, terutama pekerja konstruksi. Beban kerja mental meliputi penilaian terhadap beban waktu, beban usaha mental dan beban psikologis stres yang dirasakan oleh para pekerja konstruksi dalam menjalani pekerjaannya. Beban kerja mental dapat diukur dengan menggunakan Subjective Workload Assessment Technique (SWAT) dengan penilaian berdasarkan persepsi pribadi para pekerja. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan metode SWAT kepada 30 partisipan pada proyek X di Surabaya. Pada alat ukur SWAT terdapat 2 tahapan yaitu scale development dari hasil pengurutan kartu dan event scoring dari hasil kuesioner beban kerja. Penghitungan alat ukur SWAT menggunakan software Dosbox. Analisis tambahan untuk melihat pengaruh shift kerja terhadap beban kerja mental menggunakan uji ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan sebesar 47% merupakan faktor beban waktu yang paling mempengaruhi SWAT dan faktor beban waktu juga merupakan hasil prototype terbanyak yang dimiliki 23 partisipan. Shift 1 merupakan shift kerja yang lebih tinggi beban kerja mentalnya. Hasil tambahan penelitian ini pun juga memperlihatkan tidak adanya pengaruh shift kerja terhadap beban kerja mental pekerja pada proyek X.

Keywords


shift kerja, beban kerja mental, subjective workload assesment technique (swat), pekerja proyek

Full Text:

PDF

References


Silalahi, H. K., Fathimahhayati., L. D., dan Tambunan, W. (2021). "Analisa Beban Kerja Mental dan Fisik Operator HD Komatsu 785-7 (Studi Kasus PT. Sims Jaya Kaltim)." Jurnal Arika. Vol. 15, No. 1, 37-50.

Henni., Nurina., dan Abbas, S. F. (2014). "Analisis Pengaruh Shift Kerja terhadap Beban Kerja Mental Pekerja dengan Menggunakan Metode SWAT (Subjective Workload-Assessment Technique)." Jurnal Teknologi. Vol. 3, No. 1, 75-82.

Fitra. (2019). "Pengukuran Tingkat Pemahaman Shift Kerja Perusahaan X." Buletin Utama Teknik. Vol. 14, No. 3, 160-163.

Wignjosoebroto, S., & Zaini, P. (2007). "Studi Aplikasi Ergonomi Kognitif untuk Beban Kerja Mental Pilot dalam Pelaksanaan Prosedur Pengendalian Pesawat dengan Metode “SWAT”."

Reid, Gary. (1989). Subjective Workload Assessment Technique (SWAT): A User’s Guide, Harry G. Armstrong Aerospace Medical Research Laboratory, Ohio.

Morrow, P. C., & McElroy, J. C. (1987). "Work commitment and job satisfaction over three career stages." Journal of Vocational Behavior. Vol. 30, No. 3, 330–346.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :