ANALISA KRITERIA UTAMA DALAM PEMILIHAN SUPPLIER SEMEN, BAJA RINGAN, DAN ATAP UPVC OLEH BEBERAPA PERUSAHAAN KONTRAKTOR DI SURABAYA DAN DI PULAU KALIMANTAN

Kenny Kenny(1*), Reynaldy Susiandi(2), Paulus Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemilihan supplier perlu diperhatikan karena berkaitan dengan aktivitas dan juga kualitas dari sebuah proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan ketika menentukan supplier, kriteria secara umum, dan kriteria utama dalam pemilihan supplier semen, baja ringan, dan atap UPVC bagi beberapa kontraktor di Surabaya dan di Kalimantan. Berdasarkan hasil penelitian, secara garis besar, ketika menentukan supplier tidak ada perbedaan yang signifikan antara pendapat beberapa kontraktor di Surabaya dan di Kalimantan. Kriteria secara umum, pemilihan supplier semen dilihat dari segi ketepatan waktu pengiriman, sedangkan pemilihan supplier baja ringan dan atap UPVC dilihat dari segi ketepatan jumlah pengiriman. Untuk kriteria utama pemilihan supplier semen menurut beberapa kontraktor di Surabaya adalah dari sisi kualitas produk dan ketepatan waktu pengiriman, sedangkan menurut beberapa kontraktor di Kalimantan dari sisi pengiriman yakni ketepatan waktu pengiriman. Untuk kriteria utama pemilihan supplier baja ringan dan atap UPVC adalah beberapa perusahaan kontraktor di Surabaya dan beberapa kontraktor di Kalimantan adalah dari sisi kualitas produk dan dari sisi pengiriman seperti ketepatan waktu pengiriman dan ketepatan jumlah pengiriman.

Keywords


supplier, kontraktor, kriteria utama, semen, baja rigan, atap upvc.

Full Text:

PDF

References


PT. Grahaexcel Plastindo (2020). “Apa itu Atap UPVC dan Keuntungan Atap UPVC Excel”.

PT. Grahaexcel Plastindo, (August 14, 2022).

Gunawan, C., Laksono, C.F. (2018). Analisa Karakteristik Pemilihan Supplier Beton Ready-Mix, Bekisting, dan Tulangan Baja oleh Perusahaan Kontraktor dan Owner di Surabaya Berdasarkan Tingkat Kepentingan Kriteria. [Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra]. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=4746

Kaur, P. (2014). “Selection of Vendor Based on Intuitionistic Fuzzy Analytical Hierarchy Process”. Advances in Operations Research, Vol. 2014, 1-10.

Messah, Y.A., Utomo, S., Tefu, S.F. (2016).

“Kajian Kriteria Dalam Sistem Pemilihan Pemasok Material oleh Perusahaan Kontraktor di Kota Kupang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)”. Jurnal Teknik Sipil, Vol. 5, No.1, 79-94.

Ula, N.H. (2014). “Analytic Hierarchy Process Berbasis Triangular Intuitionistic Fuzzy Number untuk Pemilihan Supplier Bahan Konstruksi Tower”. Jurnal Ilmiah Matematika, Vol. 9, No. 2, 407-417.

Widarti, P. (2022). “Konsumsi Baja Ringan Diprediksi Naik Dua Kali Lipat Tahun Ini”. Bisnis.com, (August 14, 2022).

Adhyaksa (2021). “Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Baja Ringan”. Adhyaksa Persada Indonesia,

(August 14, 2022).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :