TRAFFIC CONGESTION INDEX OF THE TOP 300 LARGEST CITIES IN THE WORLD BASED ON UNCALIBRATED IFN

Yanky Hermawan(1*), Gabriel Bryan Lirungan(2), Andi Andi(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode Ideal Flow Network (IFN) merupakan salah satu metode baru yang dapat digunakan untuk mengestimasi indeks kemacetan. Metode IFN berbeda dengan traditional traffic assign methods karena tidak memerlukan OD-Matrix dalam perhitungannya. Dalam menggunakan metode IFN, jaringan jalan haruslah bersifat strongly connected network dan jumlah arus yang keluar sama dengan yang masuk. Hal ini menyebabkan IFN bersifat irreducible dan premagic. Pada penelitian ini, metode IFN akan digunakan untuk mengestimasti angka kemacetan 300 kota besar di dunia berdasarkan GDP, jumlah populasi, dan luas area. Hasil yang dicapai akan disajikan dalam bentuk ranking sebagaimana meranking kota menggunakan metode IFN belum pernah dilakukan di dunia. Selain itu, angka kemacetan dibandingkan dengan berbagai indikator untuk mengetahui hubungan angka kemacetan dengan indikator tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka kemacetan hampir tidak berhubungan dengan GDP, jumlah populasi dan luas area suatu kota. Hasil tersebut kemudian diunngah ke situs web agar dunia dapat mengenal metode IFN sebagai alat bantu dalam mengestimasti angka kemacetan.

Keywords


Ideal Flow Network, indeks kemacetan, strongly connected network, irreducible, premagic, ranking kota

Full Text:

PDF

References


Acuto, M., Pejic, D., and Nunley, J., Moonen, T. (2019). “Why City Rankings Matter”. Tersedia di: https://blogs.scientificamerican.com/observations/why-city-rankings-matter/

Cambridge Systematics, Inc., and Texas Transportation Institute. (2005, September 1). “Traffic Congestion and Reliability: Trends and Advanced Strategies for Congestion Mitigation”. Cambridge: Author.

Garg, S. (2017). “Impact of Overpopulation on Land Use Pattern”. Paper Presented at Environmental Issues Surrounding Human Overpopulation, Hershey (pp 137-154.). DOI: 10.4018/978-1-5225 -1683-5.ch008

Teknomo, K., and Fernandez, P. (2014). “A Theoretical Foundation for The Relationship Between Generalized Origin-Destination Matrix and Flow Matrix Based on Ordinal Graph Trajectories”. Journal of Advance Transportation Research, 48, 608-626. DOI: 10.1002/Atr.1214

Teknomo, K. (2020). “Ideal Flow Network (IFN) – An Introduction”. Tersedia di: revoledu.com

Transportation Engineering Online Lab Manual. (n.d.). “Greenshield’s Model”. Tersedia di: https://www.webpages.uidaho.edu/niatt_labmanual/chapters/trafficflowtheory/ theoryandconcepts/greenshieldsmodel.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :