ANALISIS PRODUKTIVITAS PENGERJAAN DINDING BATA RINGAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT ROYAL SURABAYA

Vincent Heraldi Purnama, Masagus Masagus, Sentosa Limanto

Abstract


Sektor konstruksi yang saat ini sedang diperhatikan adalah sektor konstruksi yang bergerak dibidang penyediaan layanan kesehatan. Dalam penelitian ini sektor konstruksi yang dimaksud adalah proyek pembangunan rumah sakit Royal Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada lantai 3 dan lantai 4 proyek pembangunan Rumah Sakit Royal Surabaya, dan berfokus pada konstruksi pengerjaan dinding bata ringan. Penelitian ini bertujuan menghitung nilai produktivitas dan jumlah efektif pekerja pada masing- masing pekerjaan pemasangan dinding di lantai 3 dan 4. Metode yang digunakan yaitu mengamati setiap pekerjaan selama 2 minggu kemudian mengelola data dengan rumus produktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas pekerja yang efektif yaitu di atas 4,59 m2/jam, dengan jumlah pekerja 9 orang dan upah pekerja per hari sebesar Rp 970.000,00. Nilai tolak ukur tersebut bisa digunakan kontraktor untuk mendapatkan hasil pengerjaan dinding bata ringan yang efektif dan jika nilainya di bawah itu, pekerja dianggap kurang efektif.

Keywords


pekerjaan dinding, produktivitas, jumlah pekerja efektif

Full Text:

PDF

References


Famade, O.A., Egbebi, J.O., & Akinkuowo, F.O. (2016). “An Assessment of Various Strategies in Enhancing Workers Productive Capacity in Nigeria’s Tertiary Institutions.” African Educational Research Journal, 91–95.

Mulyadi, S. (2003). Ekonomi Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Pembangunan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Muslim, I., Zainuri, Z., & Lubis, F. (2019). “Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Dinding Facade Proyek Pembangunan Hotel Pop Pekanbaru.” Jurnal Teknik Sipil, 5(1), 12–22.

Ngabdurrochman. (2009). “Teknologi Beton Ringan”. Jurnal Teknik Sipil, 3(2), 126–135.

Putra, H.P. (2010). “Studi Perbandingan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan Dinding Menggunakan Bata Ringan Citicon Dengan Bata Merah Proyek Pembangunan Rumah Dua Lantai Perumahan Araya Kavling 43–45.” Jurnal Teknik Sipil, 13–26.

Sedarmayanti. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, PT Refika Adtama, Bandung.

Simanjuntak, P.J. (2011). Manajemen dan Evaluasi Kinerja, Fakultas UI, Jakarta.

Tamrin, A.G. (2008). Teknik Konstruksi Bangunan Gedung Jilid 1, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Jakarta, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :