HUBUNGAN RESPON PILE INTEGRITY TEST DENGAN BESARNYA RETAK PONDASI TIANG

Nicolas Santoso, Andre Leonardo, Gogot Setyo Budi

Abstract


Salah satu solusi keterbatasan lahan adalah bangunan tinggi. Pondasi dalam pada umumnya digunakan untuk mendukung bangunan tinggi sehingga integritas/keutuhannya perlu diuji (Quality Assurance). Pile Integrity Test (PIT) adalah salah satu metode yang mampu memprediksi lokasi dan potensi kecacatan pondasi tiang. Pada penelitian ini dibuat reduksi penampang buatan pada tiang beton kemudian dilakukan pengujian PIT dengan tujuan memperoleh interpretasi respon hasil gelombang PIT. Reduksi buatan bervariasi dari 5 cm, 10 cm, dan 13 cm dengan jarak dari sensor 0.75 m, 1.5 m, 1.8 m, 2.8 m, 4.62 m, 6.12 m, dan 6.87 m. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, besarnya pantulan (respon) pada reduksi buatan dan pantulan awal hasil pembacaan tidak sama persis dengan rasio reduksi penampang terhadap penampang total. Lokasi reduksi penampang dengan sensor PIT pada jarak 75 cm memberikan hasil pembacaan yang menyimpang dari jarak aktual, hal ini mungkin disebabkan akibat jarak reduksi yang terlalu dekat dengan sensor PIT. Penempatan sensor PIT yang sebidang dengan reduksi penampang memberikan hasil pembacaan yang lebih akurat dibandingkan dengan penempatan sensor di bidang yang berseberangan.

Keywords


pile integrity test, reduksi penampang tiang, pondasi tiang, quality assurance

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2021). Berita Resmi Statistik Hasil Sensus Penduduk 2020.

Luo, W., Chen, F., & Hu, J. (2010). Improvement of Low Strain Pile Integrity Test.

Promputthangkoon, P., Swasdi, S., & Kuasakul, T. (2018). “Interpretation of Pile Integrity Test Results Obtained from Model Concrete Piles Having Two Defect Locations”. International Journal of GEOMATE, 15(47), 132–138. https://doi.org/10.21660/2018.47.GTE23

Tomlinson, M., & Woodward, J. (2009). Pile Design and Construction Practice. Taylor & Francis.

Webster, K., Rausche, F., & Webster, S. (2011). “Pile and Shaft Integrity Test Results, Classification, Acceptance and/or Rejection”. TRB 90th Annual Meeting, Washington, D.C.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :