ANALISIS PERSENTASE JUMLAH, MINAT, DAN DASAR PENERIMAAN STAF WANITA UNTUK BEKERJA PADA PERUSAHAAN KONSTRUKSI DI SEMARANG

Eduardo A. Rahardjo(1*), Hansen R. Lestyana(2), Paul Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring berkembangnya era globalisasi, kebutuhan pembangunan infrastruktur negara pun ikut meningkat. Kondisi ini menuntut tiap negara untuk meningkatkan kualitas SDM di sektor konstruksi. Meski demikian, peran wanita dalam sektor konstruksi masih tergolong minim. Budaya dan pandangan masyarakat turut berperan dalam mempengaruhi minat dan dasar penerimaan wanita untuk bekerja di sektor konstruksi. Di lain sisi, jumlah wanita yang menempuh pendidikan yang berhubungan dengan jasa konstruksi terus meningkat setiap tahunnya. Namun kenyataannya di Indonesia, khususnya di Kota Semarang, perusahaan konstruksi masih didominasi oleh pria. Maka dari itu, dilakukan penelitian mengenai wanita di dunia konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu minat dan dasar penerimaan staf wanita untuk bekerja di perusahaan konstruksi serta perbandingan persentase jumlah staf wanita dan pria pada beberapa perusahaan konstruksi di Kota Semarang. Melalui penelitian ini, harapannya bisa membuka pandangan masyarakat bahwa wanita berpotensi untuk menyukseskan pembangunan infrastruktur negara.

Keywords


wanita dalam dunia konstruksi, jumlah staf wanita, minat, dasar penerimaan, kontraktor, konsultan

Full Text:

PDF

References


Agustin, I. S., Arthur, R., and Daryati. (2017). “Analisis Keterserapan Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta di Lapangan Pekerjaan.” Jurnal Pensil. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil/article/view/7237.

Amarashti, N. (2021). “Pengertian Budaya Patriarki dan Contohnya yang Ada di Indonesia.” Voi.id. https://voi.id/lifestyle/103783/pengertian-budaya-patriarki-dan-contohnya-yang-ada-di-indonesia.

Author (2017). Re-envisioning Vocational Education and Training towards an Equal Construction Industry: Trainer for Equality. Erasmus+.

Beritajatim.com. (2021). “Bullyid: Masih Marak Pelecehan Seksual di Dunia Kerja dan Kampus.” https://beritajatim.com/postingan-anda/bullyid-masih-marak-pelecehan-seksual-di-dunia-kerja-dan-kampus/.

Fikanovti. (2017). “Kontraktor atau Konsultan Ya.” Wordpress.com. https://fikanovtikania.wordpress.com/2017/03/25/kontraktor-atau-konsultan-ya/.

Kemen PPPA. (2021). “Menteri PPPA: Budaya Patriarki Pengaruhi Rendahnya IPM Perempuan.” Kemenpppa.go.id. Retrieved from https://kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/3114/menteri-pppa-budaya-patriarki-pengaruhi-rendahnya-ipm-perempuan.

Koran SINDO. (2021). “6 Diskriminasi yang Sering Dialami Perempuan di Indonesia.” Sindonews.com. https://gensindo.sindonews.com/read/356296/700/6-diskriminasi-yang-sering-dialami-perempuan-di-indonesia-1615014208.

Prasetyo, P. (2018). “Job Description.” Wordpress.com. https://16ska.wordpress.com/2018/02/01/job-description/.

Tong, R. (2009). Feminist Thought. Westview Press.

Wright, T. (2014). “The Women Into Construction Project: An Assessment of a Model for Increasing Women’s Participation in Construction.” Researchgate. https://www.researchgate.net/publication/272826613_Wright_T_2014_The_Women_into_Construction_Project_an_assessment_of_a_model_for_increasing_women%27s_participation_in_construction_Centre_for_Research_in_Equality_and_Diversity_Queen_Mary_University_of_L.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :