PERBANDINGAN PERSIMPANGAN DENGAN PUTAR BALIK (U-TURN) DAN LAMPU LALU LINTAS DENGAN METODE TRADISIONAL DAN IDEAL FLOW NETWORK

Leonardus Michael Gunawan, William Natanael Hernawan, Kardi Teknomo

Abstract


Dalam persimpangan jika kendaraan diperbolehkan langsung belok ke kanan dan tidak diperbolehkan langsung belok ke kanan tetapi harus berputar balik untuk sampai pada tujuan ke kanan akan menimbulkan total waktu tempuh yang berbeda. Perbedaan pada kedua model ini adalah waktu tempuh akibat jarak dan waktu tunda akibat lampu merah. Di mana model belok kanan (lampu lalu lintas) akan memiliki waktu tempuh akibat jarak yang lebih pendek tetapi waktu tunda akibat lampu merah yang lebih lama jika dibandingkan dengan model putar balik. Pada penelitian ini perhitungan akan didasarkan pada 2 metode perhitungan yaitu metode tradisional dan metode ideal flow network. Pengumpulan data akan menggunakan metode monte carlo di mana akan dilakukan angka acak yang memiliki probabilitas muncul yang sama sebagai arus kendaraan yang akan lewat. Penelitian ini akan menghasilkan angka kritis yang menunjukan kapan model lampu lalu lintas lebih baik dan kapan model lampu lalu lintas lebih buruk dibandingkan model putar balik.

Keywords


aktu tempuh, waktu tunda, total waktu tempuh, waktu siklus, putar balik, lampu lalu lintas

Full Text:

PDF

References


Directorate of Urban Road Development (Binkot). (1997). Indonesian Highway Capacity Manual (IHCM), Sweroad & PT. Bina Karya, Bandung.

Gentle, J.E. (2005). Random Number Generation and Monte Carlo Methods (2nd ed.), Springer.

Plue, V.H.A. (2019). “Analisis Batas Kecepatan Maksimum pada Segmen Jalan San Juan (LANUDAL).”

Roess, Roger.P, Elena S.Prassas,William R. Mcshane.(2004). Traffic Engineering

Slinn,M,P.Mattews & P.Guest.(2005).Traffic Engineering Desain

Syahriansyah, Perdana, M.G., Surya, A. (2021). Analisis Kecepatan Menggunakan Speed Gun dengan Metode 85 Persentil pada Ruas Jalan S. Parman Banjarmasin.

Teknomo, K. dan Gardon, R.W. (2017). “Intersection Analysis Using the Ideal Flow Model.” Proceeding of the IEEE 20th International Conference on Intelligent Transportation Systems. Yokohama, Japan, Oct 16-19, 2017.

Teknomo, K. (2020). Ideal Flow Network (IFN) – An Introduction, Revoledu.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :