PERBANDINGAN KINERJA STRUKTUR BAJA SISTEM TUNGGAL RANGKA TERBREIS KONSENTRIS KHUSUS TIPE MULTI-STORY X DENGAN 3 BENTANG BREISING PADA BANGUNAN 12 DAN 18 LANTAI MENGGUNAKAN PROFIL WIDE FLANGE (WF) DAN HOLLOW STRUCTURAL SECTION (HSS)

Jonathan Christian, David John, Hasan Santoso, Effendy Tanojo

Abstract


Sebuah bencana alam yang tidak asing lagi yaitu gempa bumi, bencana alam ini memiliki suatu dampak yang besar terhadap bangunan. Maka dari itu, bangunan perlu didesain sehingga dapat memikul beban gempa yang terjadi sesuai dengan peraturan gempa pada SNI 1726:2019. Pada penelitian ini dilakukan sebuah perbandingan dengan menggunakan Rangka Terbreis Konsentris Khusus (RTKK) sistem tunggal. Bangunan yang diteliti memiliki 12 lantai (48 meter) dan 18 lantai (72 meter). Penelitian ini menggunakan tipe bresing Multi-story X (MX) dan profil Hollow Structural Section (HSS) serta Wide Flange (WF) sebagai bresing, untuk membandingkan kinerja antara kedua profil tersebut sebagai bresing. Bangunan memiliki konfigurasi 3 bentang bresing. Kinerja setiap bangunan akan di analisa menggunakan nonlinear time history analysis, dan akan di bandingkan berdasarkan data berat struktur, displacement, dan drift ratio. Hasil Penelitian menunjukan bahwa bangunan dengan profil hss sebagai bresing memiliki berat struktur yang lebih ringan dibandingkan bangunan dengan profil wf sebagai bresing. Berdasarkan Performa Struktur bangunan dengan profil wf sebagai bresing memilki keunggulan, dengan displacement maupun drift ratio yang lebih kecil dibandingkan bangunan dengan profil hss sebagi bresing.

Keywords


struktur baja, rangka terbreis konsentris khusus, multi-story x, hollow structual section, wide flange, nonlinear time history analysis, berat struktur, displacement, drift ratio.

Full Text:

PDF

References


Mehta, N.S., Patel, C., & Soni, Y.B. (2020). “Comparison of Braced Steel Building with Steel Plate Shear wall”. International Journal of Engineering Research and Applications, 10(5), 07-12.

Riani, E.YP, & Tania, A. (2018). Perbandingan Sistem Tunggal dan Sistem Ganda pada Bangunan Terbreis Eksentris Berbentuk V Terbalik dan Diagonal pada Mid-rise Building. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Richard, Y., & Hanson, H. (2021). Perbandingan Kinerja Struktur Baja Sistem Tunggal Rangka Terbreis Konsentris Khusus dan Rangka Terbreis Penahan Tekuk Tipe Multistory X dan Zipper Inverted V dengan 3 Bentang Bresing pada Bangunan 12 dan 18 Lantai. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Standar Nasional Indonesia. (2015). Ketentuan Seismik untuk Struktur Baja Bangunan Gedung: SNI 1729:2015, Jakarta, Indonesia.

Standar Nasional Indonesia. (2019). Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung: SNI 1726:2019, Jakarta, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :