FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA STAF DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI DI SURABAYA

Hans Kurnia, Tianka Eka Syahputra, Suhendro Ratnawidjaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Staf dan pengaruhnya secara langsung maupun tidak langsung terhadap Kepuasan Kerja pada Proyek Konstruksi di Surabaya. Dalam mengelola suatu proyek konstruksi dibutuhkan Kinerja Staf yang optimal untuk mencapai tujuan pada proyek tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Kinerja dari Staf yang terlibat pada suatu proyek konstruksi yaitu kompetensi kerja, motivasi kerja, loyalitas kerja, disiplin kerja dan insentif kerja. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian kuesioner yang disebarkan kepada para staf pada 12 perusahaan konstruksi di Surabaya. Pengolahan menggunakan metode analisis jalur tersebut dilakukan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa faktor-faktor kompetensi kerja, motivasi kerja, loyalitas kerja, disiplin kerja dan insentif kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Staf dan Kepuasan Kerja baik secara langsung maupun tidak langsung.

Keywords


kompetensi kerja, kinerja staf, kepuasan kerja, konstruksi

Full Text:

PDF

References


Adamson, K.A., and Prion, S. (2013). Reliability : Measuring Internal Consistency Using Cronbach’s α. Clinical Simulation, Nursing, 9, hlm. 179-180.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Cushway, B. (2002). Human Resource Management. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Gomes, F. C. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia. Andi Offset, Yogyakarta.

Handayani, F. (2016). “Hubungan Antara Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. X di Pasuruan.” Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 5(1), 1-12.

Hasibuan, M. S. P. (2010). Manajemen Sumber Daya manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Locke, E. A. (1976). The Nature and Causes of Job Satisfaction. Handbook of Industrial and Organizational Psychology.

Nawawi, H. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (cetakan kelima). PT. Refika Aditama, Bandung.

Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & Spss. Prenademedia Group, Jakarta.

Susanti, M. (2019). “Hubungan antara Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Karyawan.” Jurnal Psikopen, 12(1), 1–7.

Willy, Y., dan Sekarsari, J. (2020). “Kinerja Pekerja Proyek Konstruksi.” JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 3(3), 523–53.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :