ANTISIPASI KETERLAMBATAN PROYEK DENGAN METODE PENJADWALAN CPM

Christian Wijaya, Lionel Goldie Song, Ratna Setiawardani Alifen

Abstract


Penjadwalan aktivitas – aktivitas proyek merupakan prioritas utama dalam proses pelaksanaan proyek. Dalam proyek konstruksi pelaksanaan pembangunan sering kali tidak sesuai dengan rencana yang telah dijadwalkan pada saat perencanaan proyek. Keterlambatan proyek sering kali terjadi karena hal- hal yang tak terduga. Penjadwalan dengan metode CPM dapat menjadi salah satu cara perencanaan yang dapat mengantisipasi keterlambatan karena ada jalur kritis yang ditunjukkan pada penjadwalan CPM tersebut, sehingga seorang projek manajer dapat lebih fokus pada jalur kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk antisipasi keterlambatan yang akan terjadi. Data yang didapatkan diperoleh dari bar chart yang sudah ada milik proyek rumah tinggal 2 lantai tipe 70 yang akan diolah menjadi bentuk penjadwalan CPM. Dari diagram jaringan CPM yang telah dibuat menggunakan program primavera, jalur kritis bisa didapatkan dan dilakukan analisa “What If” pada aktivitas kritis. Dengan analisa “What If”, percepatan durasi menjadi salah satu cara antisipasi keterlambatan proyek. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa dengan adanya keterlambatan pada aktivitas di jalur kritis, perlu dilakukan percepatan durasi pada aktivitas pengikut yaitu dengan menambah jumlah jumlah jam kerja beserta biaya penambahannya

Keywords


CPM, keterlambatan, analisa “What If”, percepatan durasi, penambahan biaya

Full Text:

PDF

References


Alifen, R.S. (2022). Critical Path Method (CPM). Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia.

Ervianto, I.W. (2004). Manajemen Proyek Konstruksi (edisi – revisi), Penerbit ANDI, Yogyakarta, Indonesia.

Levis & Atherley. (1996). Delay Construction. Cahner Books Internasional, Langford, Canada.

Martina. (2019). “Jenis – Jenis Biaya Dalam Proyek yang Perlu Anda Tahu.” Biaya Overhead Salah Satunya. https://ukirama.com/blogs/jenis-jenis-biaya-dalam-proyek-yang-perlu-anda-tahu-biaya-overhead-salah-satunya (09 Agustus 2019).

Nugraha, P. (2020). Pembuatan Jadwal Proyek. Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :