SURVEI PEMAHAMAN DAN KESIAPAN PELAKU KONSTRUKSI DI SURABAYA DALAM PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY (AR)

Budiarto Hutomo Salim, Jenio Sudibio, Paulus Nugraha

Abstract


Augmented Reality (AR) merupakan perkembangan teknologi yang menggabungkan
benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi dengan diproyeksikan ke dunia nyata dalam waktu
bersamaan. Saat ini banyak pengembangan teknologi Augmented Reality (AR), hampir segala sektor
menggunakan teknologi ini layaknya pendidikan, hiburan, kesehatan, hingga konstruksi. Banyak
kegunaan Augmented Reality (AR) dalam dunia konstruksi mulai dari fase pra-konstruksi, fase
konstruksi, hingga fase pasca konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan
kesiapan pelaku konstruksi di Surabaya dalam penggunaan Augmented Reality (AR). Pengumpulan
data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada kontraktor, konsultan MK, konsultan
perencana, dan owner/wakil owner yang berada di area Surabaya. Melalui data yang didapatkan,
pelaku konstruksi di Surabaya masih belum sepenuhnya paham dan siap dalam menggunakan
Augmented Reality (AR) pada pekerjaan konstruksi. Selain itu terdapat faktor-faktor eksternal dan
internal yang mempengaruhi pelaku konstruksi dalam menerapkan teknologi Augmented Reality (AR).
Faktor-faktor eksternal lebih berpengaruh dibandingkan faktor internal, faktor tersebut antara lain
ketersediaan alat pendukung, tenaga ahli, biaya yang diperlukan, peraturan/kebijakan pemerintah, dan
dukungan dari perusahaan.


Keywords


Augmented Reality (AR), pelaku konstruksi, pemahaman, kesiapan, faktor-faktor

Full Text:

PDF

References


Amalia, E. I. (2016, Agu 16). “Teknologi AR Buat Industri Konstruksi Lebih Efektif.” Medcom, (Agustus 16, 2016).

Azuma, R. T. (1997). “A Survey of Augmented Reality.” Teleoperators and Virtual Environments 1997, 6(4), 355–385, (Agustus 1, 1997).

Behzadi, A. (2017). “American Journal of Engineering Research ( AJER ) Open Access Using Augmented and Virtual Reality Technology in the Construction Industry Ajang Behzadi.” American Journal of Engineering Research. Vol. 5, No. 12, 350–353.

Dosen Pendidikan 2. (2022). “Augmented Reality.” Augmented Reality, (April 26, 2022). Pamoedji, A. K., Maryuni, & Sanjaya, R. (2017). Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D, PT. Elex Media Komputindo.

Pramana, Y. A., Brata, K. C., & Brata, A. H. (2018). “Pembangunan Aplikasi Augmented Reality untuk Pengenalan Benda di Museum Berbasis Android (Studi Kasus : Museum Blambangan Banyuwangi).” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 2, No.5, 2034–2042.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :