ANALISA DAYA DUKUNG PONDASI DENGAN METODE CONE PENETROMETER TEST (CPT) PADA KONSTRUKSI PABRIK DAN GUDANG AURATARO MANDIANGIN

Antonius Hartono, Bryan Kristanto, Johanes Indrojono Suwono

Abstract


Tahapan dalam proses pembangunan suatu konstruksi dimulai dari perencanaan yang mendetail, yang dikerjakan sebaik mungkin sejak awal pembentukan pondasi bangunan. Oleh karena itu, diperlukan untuk melakukan analisis daya dukung tanah yang matang. Analisa daya dukung pondasi pada konstruksi pabrik dan gudang AuraTaro merupakan analisa perhitungan daya dukung pondasi memanfaatkan data dari Cone Penetration Test (CPT). Analisa daya dukung dari pondasi berguna untuk mengevaluasi hasil uji laboratorium pada proyek konstruksi pembangunan pabrik AuraTaro serta menarik kesimpulan perbandingan antara hasil perhitungan dan hasil laboratorium. Pekerjaan penyelidikan mencakup 2 titik pengetesan, yaitu titik S1 (titik uji pertama) dan S2 (titik uji kedua). Data dari tes sondir (CPT) diolah dengan menggunakan rumus umum yang diturunkan dari rumus Meyerhof (1956). Dari hasil pengamatan didapatkan daya dukung pondasi pada titik S2 memiliki perbandingan yang tidak terlalu signifikan antara perhitungan dengan hasil laboratorium, namun daya dukung pondasi yang bernilai kritis untuk dijadikan dasar desain pondasi adalah daya dukung berdasarkan bahan.

Keywords


CPT, Schmertmann, daya dukung, pondasi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, L. G., dan Surahman, M. (2016). “Analisis Daya Dukung Tiang Pancang Menggunakan Data Insitu Test, Parameter Laboratorium Terhadap Loading Test Kantledge.” Konstruksia, 7(2). Chairullah, B. (2016). “Analisa Daya Dukung Pondasi dengan Metoda SPT, CPT, dan Meyerhof pada Lokasi Rencana Konstruksi PLTU Nagan Raya Provinsi Aceh.” Teras Jurnal, 3(1). Marzuki, A., Firdaus, M., Ilhami, I., dan Sutiasno, S. (2012). “Evaluasi Perkiraan Daya Dukung Teoritis Tiang Berdasarkan Data Sondir (CPT) dan Dial Pressure Load (Studi: Proyek Pembangunan Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Banjarmasin).” Jurnal Poros Teknik, 4(2), 41-50. Indonesia, S. N. (2008). “Cara Uji Penetrasi Lapangan dengan Alat Sondir.” Jakarta: Badan Standarisasi Nasional (BSN), ICS, 93, 23. Schmertmann, J. H., Hartman, J. P., & Brown, P. R. (1978). “Improved strain Influence Factor Diagrams.” Journal of the Geotechnical Engineering Division, 104(8), 1131-1135. Wibowo, H.T. (2013). “Analisis Hasil Pengujian Sondir Untuk Mengetahui Peningkatan Kekuatan Tanah Sangat Lunak di Lokasi Gate House dalam Pekerjaan Grouting at Semarang Pumping Station & Retarding Pond”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :