FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA PERUMAHAN SKALA KECIL DI SURABAYA DAN SEKITARNYA

William Gosal(1*), Kevin Setiawan(2), Herry Pintardi Chandra(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Tingkat pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi menyebabkan permintaan akan rumah menjadi sebuah kebutuhan yang mendasar, khususnya di daerah Surabaya dan sekitarnya. Peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi harga perumahan skala kecil di Surabaya dan sekitarnya serta seberapa besar pengaruhnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu dengan cara membagi kuisioner kepada developer perumahan khususnya didaerah Surabaya dan sekitarnya. Analisis data merupakan analisis faktor konfirmatori dengan menggunakan metode partial least square (PLS). Hasil penelitian menyimpulkan faktor yang paling berpengaruh adalah biaya, channel member, dan diikuti oleh konsumen. Faktor yang kurang berpengaruh adalah persaingan dan diikuti tujuan perusahaan.

Keywords


faktor-faktor, harga, perumahan

Full Text:

PDF

References


Darymple, D. J., & Parson, L. J. (2000). Basic Marketing Management (2nd ed.). Wiley.

Grewal, D., & Levy, M. (2010). Marketing (2nd ed.). McGraw-Hill, New York.

Hamzah, A., Wayan Suandra, I., & Manulu. (2000). Dasar-Dasar Hukum Perumahan. Rineka Cipta, Jakarta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (1996). Principles of Marketing (7th ed.). Prentice Hall, New Jersey.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga, Jakarta.

Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2003). Essentials of Marketing (3rd ed.). South-Western, Canada.

Wurtzebach, C. H., & Miles, M. E. (1991). Modern Real Estate (4th ed.). John Wiley & Sons.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :